Daftar 9 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Teknik Area, Daftar 9 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia – Sebelumnya saya sudah membahas tentang jalan tol terpanjang di dunia, kali ini saya akan menginformasikan mengenai jalan tol terpanjang di Indonesia. Walaupun panjangnya masih kalah dengan negara-negara lain, tetapi setidaknya negara kita sudah mampu untuk membuat jalan tol yang panjang dan manfaatnya bisa dirasakan banyak orang, terutama para pengendara roda empat. Nah, apa saja jalan tol terpanjang di Indonesia! Berikut ini adalah beberapa Daftarnya

Daftar Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Menurut data, diantara 9 daftar yang akan dijelaskan pada konten ini, mayoritas memang berada di Pulau Jawa. Akan tetapi di pulau Sumatera pun juga ada lho jalan tol dengan ukuran jalan yang sangat panjang. Agar tidak semakin membuatmu penasaran, yuk langsung ketahui daftar jalan tol terpanjang di Indonesia berikut ini :

1. Jalan Tol Bakter

jalan tol terpanjang di indonesia

Jalan tol ini memiliki panjang sekitar 140,94 km yang menghubungkan antara Bakauheni menuju Tebanggi Besar. Jalan tol bakter pertama kali diresmikan pada tanggal 8 Maret 2019 dan menjadi jalan tol terpanjang di tanah air. Jalan tol Bakter menjadi pintu masuk utama menuju ke Trans Sumatra.

Selain itu tol ini diklaim mampu mempercepat dan mempermudah logistik sehingga barang-barang produksi bisa cepat sampai.

2. Jalan Tol Cipali

jalan tol terpanjang di indonesia

Jika untuk peringkat pertama ada di Pulau Sumatra maka untuk peringkat kedua terletak di Pulau Jawa. Jalan tol Cipali menghubungkan antara Cikampek ke Palimanan dengan panjang sekitar 116,75 km. Jalan tol ini juga adalah terusan dari Jalan Tol Jakarta Cikampek yang langsung terhubung dengan Jalan Tol Palimanan menuju Kanci.

Baca juga  Ukuran Standar Lebar Jalan Tol, Wajib Perhatikan Ini!

Jalan tol yang satu ini diklaim mampu memotong waktu tempuh 1.5 sampai 2 jam dibandingkan melewati Jalur Pantura Jabar

3. Jalan Tol Jakarta Merak

Di posisi ketiga ada jalan tol Jakarta Merak yang memhubungkan Jakarta dengan Pelabuhan Merak dengan panjang kurang lebih 98 km. Jalan tol Jakarta Merak selesai dibangun pada tahun 1984 dan melintasi beberapa daerah seperti Jakarta Barat, Tangerang, Serang, dan juga Cilegon. Jalan Tol Jakarta–Merak merupakan tol kedua yang dibangun setelah Tol Jagorawi.

Dimana pengelolaannya terbagi menjadi 2, yaitu oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Marga Mandalasakti.

4. Jalan Tol Ngawi-Kertosono

Jalan tol Ngawi-Kertosono merupakan jalan tol terpanjang di Jawa Timur dengan panjang 87, 02 km. Setidaknya ada 4 kabupaten di Jawa Timur yang dilalui oleh jalan tol yang satu ini yakni Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Jombang, dan Kabupaten Ngawi. Mulai beroperasi sejak tahun 2018, jalan tol Ngawi-Kertosono menjadi salah satu bagian dari Trans Jawa yang menghubungkan Surabaya dengan Jakarta.

5. Jalan Tol Jakarta Cikampek

Jalan Tol Jakarta Cikampek mempunyai panjang sekitar 83 km. Jalan tol Jakarta Cikampek melintasi beberapa daerah yakni Jakarta Timur, Bekasi, Purwakarta, dan juga Karawang. Jalan tol ini mulai dioperasikan semenjak tahun 1988.

6. Jalan Tol JORR

JORR merupakan singkatan dari Jakarta Outer Ring Road atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta. Jalan ini sudah ada dan terkenal sejak tahun 90an dan menjadi penghubung Tangerang dan Jakarta menuju Bekasi dan beberapa kota lain di Pantura.

Panjang jalan tol ini yakni mencapai 64 km yang terbagi menjadi 4 bagian besar yakni ruas Pondok Pinang-Pasar Rebo yang dikelola oleh perusahaan PT Hutama Karya (Persero), yang kedua adalah ruas Pasar Rebo-Rorotan dikelola oleh PT Jalantol Lingkarluar Jakarta, ketiga adalah ruas Kembangan-Penjaringan dikelola oleh PT Jakarta Lingkar Baratsatu, dan yang terakhir adalah ruas Kembangan-Ulujami dikelola oleh PT. Marga Lingkar Jakarta yang juga merupakan anak perusahaan dari PT. Jasa Marga.

Baca juga  10 Tips Menang Tender Pengadaan Barang dan Jasa, Work!

7. Jalan Tol Jagorawi

Jagorawi dikenal sebagai jalan tol tertua di Indonesia. Panjangnya sekitar 59 km yang menghubungkan Jakarta hingga Ciawi Jawa Barat. Tol Jagorawi sudah ada di Indonesia sejak tahun 1975 pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Disebut-sebut jalan tol ini dibangun dengan menelan biaya sekitar Rp 350.000.000,00 per kilometer yang didanai APBN dari pinjaman luar negeri. Wow, jumlah yang sangat fantastik. Selain itu jalan tol yang satu ini dikelola oleh PT. Jasa Marga

8. Jalan Tol Cipularang

Jalan tol ini dibangun guna mempersiapkan dan menyambut KTT Asia-Afrika di kota Bandung. Jalan tol ini membentang sepanjang 54 km dari Cikampek, Purwakarta, hingga Padalarang. Selain itu jalan tol ini menjadi penghubung dua kota besar di Indonesia yakni Jakarta dan Bandung. Jalan Tol Cipularang telah selesai dibangun sejak tahun 2005.

9. Jalan Tol Padalarang-Cileunyi

Jalan tol ini sendiri merupakan kelanjutan dari Jalan Tol Cipularang. Jalan tol yang memiliki panjang 33 km ini juga dikenal sebagai jalan lingkar selatan Bandung. Yang menghubungkan Jakarta, Bandung, serta Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur dan menjadi bagian dari Trans Jawa.

Baca juga Bagian-Bagian Jalan Tol dan Juga Fungsinya

Penutup

Itulah kesembilan daftar jalan tol terpanjang di Indonesia. Apakah kamu sudah pernah melalui jalan tol tersebut? Yuk bagikan cerita dan pengalamanmu di kolom komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat ya.

Leave a Comment