6 Cara Mendapatkan Tender Konstruksi Dari Pemerintah

Teknik Area, 6 Cara Mendapatkan Tender Konstruksi Dari Pemerintah – Tahukah anda cara mendapatkan tender konstruksi dari pemerintah?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang bagaimana cara mendapatkan proyek konstruksi dari pemerintah. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai cara mendapatkan tender konstruksi dari pemerintah secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Cara Mendapatkan Tender Konstruksi Dari Pemerintah

Jika anda adalah kontraktor konstruksi, pasti anda sudah mengetahui bahwa salah satu cara mendapatkan keuntungan besar adalah dengan mendapatkan proyek besar. Salah satunya proyek milik pemerintah, jika anda bisa mendapatka tendernya, maka anda bisa mendapatkan kontrak yang lumayan menguntungkan.

Setiap daerah pasti memiliki rencana pembangunan, dan anggaranya pun tidak sedikit, apalagi pemerintah di kota besar.

Selain mendapatkan omset yang banyak, kelebihan lain yang bisa anda dapatkan dari memenangkan tender konstruksi milik pemerintah adalah anda memiliki kemungkinan akan diberi kepercayaan pemerintah lagi jika ada proyek lain, atau bahkan anda bisa mendapatkan tender penunjukan langsung.

Lalu bagaimana cara mendapatkan proyek konstruksi dari pemerintah?

1. Aktif Jalan-Jalan Ke Dinas

Cara pertama adalah sering sering datang ke dinas terkait untuk bisa mendapatkan informasi tender yang akan dikerjakan atau untuk menjalin hubungan baik dengan pihak dinas. Jika anda belum memiliki relasi yang baik yang bisa memberikan informasi tentang tender pemerintah/dinas, anda harus rajin jalan-jalan ke dinas-dinas pemerintah dan membawa profil perusahaan anda.

Jika perusahaan anda pernah suskes mengerjakan banyak proyek, dan memiliki reputasi yang baik anda bisa sertakan semuanya di profil sebagai bahan pertimbangan

Mereka akan menerima anda dengan baik, biasanya anda akan dipertemukan dengan pejabat pembuat komitmen disana, dan beritahu jika anda bisa membantu pembangunan proyek konstruksi pemerintah.

Baca juga  Perbedaan Penunjukan Langsung dan Pengadaan Langsung, Wajib Baca!

Jika memang mereka akan mengadakan proyek konstruksi, maka kemungkinan anda juga akan dikabari…atau jika mereka akan mengadakan lelang tertutup, kemungkinan anda akan mendapatkan undangan lelang akan lebih tinggi.

2. Cari Orang Dalam

Salah satu hal paling penting untuk bisa mendapatkan tender dari dinas pemerintah adalah dengan mencari relasi orang dalam sebanyak mungkin. Anda tidak harus mengenal Kadis dinas, karena biasanya kepala dinas hanya mengontrol dibalik layar. Tapi jika anda bisa maka itu akan menjadi kunci keberhasilan anda mendapatkan kontrak.

Jika anda masih baru datang ke dinas, anda bisa berkenalan dan menjalin relasi dengan KASI atau KABID dulu, lalu dengan pembuat komitmenya.

Mungkin tidak mudah dan butuh waktu, namun jika anda sudah punya banyak relasi di dinas, maka akan semakin memudahkan anda.

3. Ikut Lelang Proyek Konstruksi Pemerintah

Salah satu hal yang pasti anda harus mengikuti lelang konstruksi yang diadakan pemerintah. Bisa lelang terbuka atau lelang tertutup yang mengundang anda. Jika anda sudah menitipkan profil perusahaan anda di dinas anda kemungkinan akan mendapatkan undangan jika dirasa persyaratanya lengkap dan mampu.

Dalam mengikuti lelang pun anda harus mempersiapkan semuanya dengan sempurna, mulai dari legalitas perusahaan, proposal, peralatan konstruksi, dan ahli yang ada di perusahaan anda.

4. Jangan Perang Harga

Perang harga adalah hal yang buruk untuk dilakukan, karena akan mempengaruhi kualitas konstruksi yang akan anda bangun. Jika banyak kontraktor lain memasang harga yang sangat rendah jangan dihiraukan, pasanglah harga yang memang sesuai dengan kemampuan anda, jika memang harus menurunkan harga setidaknya jangan jauh-jauh dari harga yang dipatok oleh pihak dinas.

5. Tawarkan Penawaran Yang Menarik

Salah satu faktor penentu kemenangan tender adalah penawaran yang diberikan oleh perusahaan kontraktor, bisa dibilang lelang tender adalah peperangan penawaran, harga rendah bukanlah jaminan untuk mejamin kemenangan.

Baca juga  Daftar 9 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Jadi pastikan anda memiliki orang yang terampil dalam mempresentasikan proposal anda, kalau bisa setidaknya dia memiliki kemampuan persuasif yang baik, sehingga dia bisa meyakinkan pihak dinas untuk memilih perusahaan anda.

Ada beberapa cara ampuh untuk memberikan penawaran yang baik, diantaranya adalah :

a. Tawarkan Perawatan Setelah Pembangunan Gratis

kebanyakan pemborong hanya akan menawarkan jasa selama proyek berlangsung, dan ketika proyek sudah jadi, maka perawatan akan menjadi tanggung jawab milik dinas, perusahaan pembuat akan angkat tangan jika bangunan butuh perawatan lebih.

Anda bisa menawarakan perawatan itu di proposal anda, namun carilah yang tidak memakan biaya banyak, dan berilah jangka waktu perawatan yang anda garansi, misalakan perawatan taman atau perawatan kerusakan kecil pada bangunan.

Daripada anda menggunakan uang untuk menyuap pihak pemerintah, anda bisa menyewa tukang kebun dengan uang tersebut dan bisa anda masukan kedalam penawaran.

b. Tawarkan Garansi Kerusakan

Selain perawatan anda juga bisa menawarkan garansi kerusakan, selama beberapa tahun. Tawaran ini sebenarnya sangat beresiko membuat perusahaan anda mengalami kerugian, namun jika kualitas konstruksi anda bagus dan anda yakin, anda bisa memasukanya pada penawaran anda, namun anda harus sertakan syarat dan ketentuanya disana.

6. Penggunaan Cara Kotor

Cara ini sangat tidak disarankan karena bisa membuat reputasi anda menurun dan jika ketahuan anda bisa berurusan dengan hukum. Selain itu untuk sekarang pihak dinas sendiri sangat diawasi oleh pihak seperti BPK, BPKP, inspektorat, Penyidik hingga KPK. Jadi sebisa mungkin unutk hindari cara ini.

Baca juga Cara Mendapatkan Proyek Penunjukan Langsung

Kesimpulan

Jangan pernah lelah jalan-jalan ke dinas untuk menawarkan jasa anda dan menjalin hubungan dengan mereka, dan ketika ada proyek buatlah penawaran semenarik mungkin.

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang 6 cara mendapatkan tender konstruksi dari pemerintah. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel teknik sipil berikutnya.

Leave a Comment