Daftar 12 Jalan Tol Terpanjang Di Dunia, No. 1 Paling Panjang

Teknik Area, Daftar 12 Jalan Tol Terpanjang Di Dunia, No. 1 Paling Panjang – Kali ini, kami akan berbagi informasi dan pengetahuan tentang daftar jalan tol terpanjang di dunia. Informasi ini selain bisa menambah pengetahuan untuk kamu, juga bisa menjadi bahan inspirasi bagi pemerintah jika ingin membangun jalan tol di Indonesia. Nah, apakah diantara daftar berikut ada salah satu jalan tol yang ada di Indonesia? Semuanya akan terjawab pada konten berikut ini. Simak beberapa penjelasan tentang daftar jalan tol terpanjang di dunia berikut ini.

jalan tol terpanjang di dunia

Daftar Jalan Tol Terpanjang Di Dunia

Beragam jalan tol paling panjang di dunia ini memiliki desain yang unik dan juga menarik. Berdasarkan data dari Insidermonkey, berikut ini beberapa jalan yang didapuk sebagai jalan tol terpanjang di dunia. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini

1. Jalan Tol Pan American

Luas jalan tol ini mencapai 48.000 km yang menghubungkan beberapa negara di Amerika. Total ada 15 negara yang meliputi Kanada, Amerika Serikat, Peru, Chili, Argentina, Meksiko, Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kolombia, dan Ekuador.

Wah, sangat panjang sekali bukan? Justru hal ini sangat menguntungkan karena warga negara di sana bisa dengan mudah berkunjung ke negara lain melalui daratan sehingga lebih hemat ongkos.

2. Jalan Tol Highway 1

Didaftar selanjutnya ada jalan tol Highway 1 yang berlokasi di negara Australia. Jalan tol yang satu ini memiliki panjang 14500 km. Bagi kamu yang berlibur ke Australia, tidak ada salahnya untuk mencoba melalui jalan tol yang satu ini.

Baca juga  5 Dampak Negatif Pembangunan Jalan Tol di Indonesia

3. Jalan Tol Trans Siberian

Jalan tol yang satu ini terbentang dari Rusia bagian utara hingga Rusia bagian tenggara yang berbatasan dengan Laut Jepang dan Samudera Pasifik. Panjang jalan Trans Siberian ini mencapai 11.000 kilometer.

4. Jalan Tol Trans Kanada

Selanjutnya adalah negara Kanada yang memiliki jalan tol paling panjang di dunia. Total panjang jalannya mencapai 7800 km dan dibangun dalam kurun waktu 8 tahun saja.

5. Jalan Tol Golden Quadrilateral Network

Panjang jalan tol yang satu ini mencapai 5.846 km yang menghubungkan kota-kota besar di India. Jalan ini dibangun selama 11 tahun lamanya dan menjadi jalan penghubung amtar beberapa wilayah seperti Chennai, Delhi, Kolkata dan Mumbai.

6. Jalan Tol China National 010

Sesuai dengan namanya jalan tol yang satu ini dibangun di negara China dengan luasnya mencapai 5700. Jalan tol ini sekaligus merupakan yang terpanjang di negara China dan melalui 8 provinsi menuju Hainan. Nasional 010 juga merupakan jalan tol terpanjang yang ada di negara RRC.

7. Jalan Tol Route Six

Jalan tol Route Six memiliki panjang sekitar 5158 km yang menghubungkan antara Massachusetts menuju Brewster di New York, Amerika Serikat. Jalan tol ini pertama kali dibangun pada tahun 1925 yang dilakukan guna merespon geliatnya ekonomi Amerika Serikat, lebih khusus di pantai timur Amerika sebagai kota tujuan bisnis dunia. P

emberian nama jalan Route Six terinsipirasi dari tokoh Amerika yaitu Franklin Delano Roosevelt

8. Jalan Tol Interstate 90

Panjang jalannya mencapai 4987 km dan menjadi penghubung Seattle di Pantai Barat Amerika hingga Boston, negara bagian yang berlokasi di Pantai Timur Amerika.

Selain itu jalan tol ini juga merupakan salah satu tol terpanjang yang antar negara-negara bagian di Amerika Serikat.

Baca juga  Daftar 9 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

9. Jalan Tol Interstate 80

Jalan tol yang satu ini lokasinya juga berada di negara bagian Amerika Serikat. Hanya saja bedanya, untuk interstate 80 menghubungkan Pantai Timur Amerika dan Pantai Barat Amerika.

Adapun panjang jalan tolnya yakni sekitar 4.666 kilometer.

10. Jalan Tol The Tarim Desert

The Tarim Desert merupakan salah satu jalan tol yang terpanjang di Asia. Lokasinya berada di China yang membentang dari arah utara ke selatan China sepanjang 998 kilometer.

Titik awal dari jalan tol yang satu ini ada di kota Tarim yang dikenal sebagai kota yang kaya akan hasil minyaknya.

11. Jalan Tol Macdonald Cartier

Lagi dan lagi Amerika Serikat masuk jajaran sebagai salah satu negara yang mempunyai jalan tol terpanjang. Termasuk diantaranya adalah Macdonald Cartier. 1938 menjadi waktu awal pembangunan jalan tol yang satu ini guna menghubungkan kota Detroit menuju Quebec yang berjarak sekitar 817 kilometer.

Jalan tol ini disebut-sebut menjadi kunci keberhasilan jalur distribusi dan akses transportasi di Amerika Serikat

12. Highway 409

Dan yang terakhir juga berada di Amerika Serikat yakni Highway 409. Panjang jalan bebas Hambatan yang satu ini mencapai 500 kilometer.

Warga kota Ontario biasanya menggunakan jalan tol ini sebagai jalur utama menuju ke Bandara Internasional Ontario karena dinilai merupakan jalan yang tercepat jika dibandingkan dengan jalan raya pada umumnya.

Baca juga Bagian-Bagian Jalan Tol dan Juga Fungsinya

Penutup

Dari daftar jalan tol terpanjang di dunia tersebut, sudah jelas ya bahwa tol di Indonesia masih belum ada. Namun hal tersebut bukanlah masalah besar asal dengan jalan tol yang sekarang bisa dijaga dan dirawat sebaik mungkin agar bisa terus digunakan. Namun, tentu boleh dong jika kita berandai-andai memiliki jalan tol yang sangat panjang di Indonesia? Kita tunggu saja.

Leave a Comment