Dampak Positif Pembangunan Jalan Tol di Indonesia

Teknik Area – Apakah anda merasakan dampak positif pembangunan jalan tol di Indonesia? Namun apapun itu memang jalan tol sangat diperlukan untuk dibangun di negara kita. Alasan pertama karena masalah kemacetan. Berdasarkan data dari Inrix yang merupakan perusahaan penganalisis kepadatan lalu lintas dan juga infrastruktur jalan Indonesia menduduki posisi kedua dengan tingkat kemacetan paling parah di dunia di bawah negara Thailand. Jika ada jalan tol tentunya bisa sedikit memberikan sedikit dampak positif akibat pembangunan jalan tol yang ada di negara kita. Baik dari segi transportasi, perekonomian, maupun yang lainnya. Lantas, apa saja dampak positif pembangunan jalan tol di Indonesia? Berikut ini adalah ulasannya.

Dampak Positif Pembangunan Jalan Tol di Berbagai Tempat di Indonesia

dampak positif pembangunan jalan tol di indonesia

Jalan tol hanya diperuntukkan kendaraan-kendaraan bersumbu dua atau beroda empat. Contohnya seperti mobil, truk, ataupun bus. Namun meski begitu keberadaan jalan tol tidak hanya bisa dirasakan oleh pengendara yang lalu lalang di sana, tetapi juga banyak yang merasakan benefit dari kehadiran jalan yang selama ini sering disebut sebagai “jalan bebas hambatan” oleh orang-orang Indonesia. Apa saja manfaat jalan tol tersebut? Berikut adalah penjelasannya

1. Mengurangi Kemacetan

Seperti apa yang sudah saya jelaskan sebelumnya, tingkat kemacetan di Indonesia sudah tergolong sangat memprihatinkan. Utamanya untuk kota-kota besar seperti DKI Jakarta, Bandung, Malang, Yogyakarta, dan Padang. Sepeda motor, truk, bis, mobil semua berkumpul sesak dalam ruas jalan dan membuat siapapun pengendara merasa tidak nyaman. Maka dari itu, pemerintah berusaha semaksimal mungkin untuk menekan angka kemacetan di Indonesia.

Baca juga  Aspal terbuat dari olahan apa?

Salah satu yang dilakukan adalah dengan membangun jalan tol yang diklaim mampu mengurangi tingkat kemacetan yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan jumlah kendaraan roda empat yang ada di jalan umum sudah mulai berkurang dan bahkan tidak ada lagi karena berpindah ke jalan tol. Memang ini tidak sepenuhnya 100% bisa mengatasi kemacetan. Tetapi setidaknya bisa sedikit efek positif bagi kondisi jalan dan transportasi di tanah air.

2. Berdampak Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Dampak positif pembangunan jalan tol selanjutnya adalah mampu meningkatkan mengerakkan perekonomian rakyat. Dengan adanya jalan tol, aktifitas bisnis menjadi lancar, dan terbukanya lapangan pekerjaan.

Berdasarkan studi yang dilakukan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FE-UI) menghasilkan bahwa kenaikan stok jalan sebesar 1% mampu menaikkan pertumbuhan ekonomi hingga 8,8%.

3. Mempermudah dan Mempercepat Perjalanan

Sudah tak bisa dibayangkan lagi apabila Kita sampai terjebak kemacetan di jalan utama. Bakal banyak waktu yang harus anda lewati dalam sekali perjalanan menuju kantor atau sekolah. Bakal lama sekali bahkan sangat berpotensi terlambat sampai ke tempat tujuan. Tentu saja hal ini merupakan suatu hal yang sebenarnya tidak harus terjadi karena bisa merugikan pengendara yang harus tiba tepat waktu di tempat tujuan. Namun untuk saat ini sepertinya masalah tersebut bisa diminimalisir.

Anda tak perlu lagi terburu-buru lagi berpergian ke suatu daerah atau ke suatu tempat. Dengan adanya jalan tol maka jumlah kendaraan yang ada di jalan utama menjadi berkurang karena sebagian sudah ada yang melewati jalan tol. Dengan begitu anda bisa sampai ke tempat tujuan dengan lebih cepat. Begitupun dengan para pendatang dari luar kota perjalanannya menjadi jauh lebih lancar dengan kehadiran jalan tol.

Baca juga  6+ Prosedur Dan Proses Tender Pengadaan Barang Untuk Pemerintah

4. Menambah Pemasukan Negara

Bila kita melintasi jalan tol, ada restribusi atau pajak yang harus dibayarkan saat tiba di gerbang tol. Mungkin sebagian orang berpandangan hal ini merupakan sesuatu yang merugikan bagi rakyat. Namun sesungguhnya penarikan pajak ini bertujuan baik dan bisa menambah pemasukan negara.

Nantinya uang tersebut dapat anda nikmati lagi hasilnya dengan perbaikan atau pembangunan jalan tol yang lebih baik lagi di Indonesia. Jadi, sesungguhnya penarikan pajak tak sepenuhnya membuat anda rugi ketika harus membayarnya.

5. Mempercepat Distribusi Barang

Seperti apa yang sudah saya sebutkan sebelumnya, adanya jalan tol bisa mempercepat dan juga memperlancar dan hanya membutuhkan waktu yang singkat. Hal nampak juga berlaku dan berhasil untuk distribusi atau pengiriman barang. Semakin jauh jaraknya tempuh yang harus dilalui dalam mendistribusikan barang kepada konsumen maka semakin membuat harga semakin bertambah mahal.

Namun dengan adanya jalan tol, setidaknya mampu mempercepat waktu pengiriman ke tangan pembeli sehingga harga bisa sedikit ditekan. Sesuai dengan ilmu ekonomi, semakin panjang jalur distribusi suatu barang, harga barang tersebut akan semakin mahal. Sementara itu semakin pendek jalur distribusi suatu barang, maka barang tersebut bisa dihargai dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca juga Pengertian Jalan Tol Menurut Undang-undang dan Peraturan Pemerintah

Penutup

Jadi, pembangunan jalan tol di Indonesia sesungguhnya merupakan sesuatu yang positif yang bisa sedikit mengatasi problematika yang ada di negeri ini. Mulai dari kemacetan, perekonomian, perjalanan, terhadap lingkungan dan lain sebagainya. Kembali lagi, semua diciptakan dan dibangun untuk kemakmuran rakyat. Apabila kamu punya pandangan lain mengenai dampak positif pembangunan jalan tol di Indonesia, sampaikan dengan baik pada kolom komentar ya. Terima kasih.

Leave a Comment