Manfaat Mengikuti Lelang Proyek / Tender Bagi Perusahaan

Teknik Area, Manfaat Mengikuti Lelang Proyek / Tender Bagi Perusahaan – Tahukah anda keuntungan tender?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang manfaat lelang proyek atau tender. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai manfaat lelang proyek atau tender bagi perusahaan secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

manfaat mengikuti lelang proyek
keuntungan tender

Manfaat apa yang didapat perusahaan dengan mengikuti lelang tender?, salah satu tujuan utama perusahaan adalah menjual barang atau jasanya dengan jumlah banyak, selain untuk mendapatkan profit, hal ini juga dilakukan untuk berlangsungnya perusahaan. Tanpa penjualan, plambat laun perusahaan akan tutup dan bangkrut.

Selain menjual secara langsung ke konsumen, perusahaan bisa menjual barang atau jasanya secara tidak langsung melalui tender.

Vendor atau penyedia proyek biasanya adalah instansi pemerintah, biasanya pemerintah menyediakan dana dengan jumlah tertentu dan melelangnya kepada siapa saja yang bisa memenuhin kebutuhan pemerintah dengan ketentuan yang diberikan.

Lalu apa saja keuntungan yang didapat dari memenangkan tender proyek?

1. Omset Besar Tanpa Repot

Salah satu hal pasti adalah anda bisa langsung mendapatkan omset besar tanpa repot jika berhasil memenangkan tender. Anda tidak perlu repot-repot menjual barang dan jasa anda ke banyak orang yang tentu saja membutuhkan biaya marketing dan operasional yang terkadang tidak sedikit.

Pemerintah atau vendor swasta biasanya melelang proyek untuk tahunan atau borongan. Contoh yang tahunan adalah pengadaan alat tulis setahun penuh, atau pengadaan makan siang untuk karyawan selama setahun.

Dan contoh proyek borongan adalah proyek yang dilakukan sekali hingga proyek selesai, salah satu tender yang terkenal adalah proyek monorail di jakarta, atau proyek hambalang yang malah jadi ajang korupsi.

Baca juga  Nama-nama Dataran Rendah di Pulau Sumatera

Misalkan anda mendapatkan tender proyek pembuatan jembatan dengan nominal 5 milyar, maka anda langsung mendapatkan omset pasti sebesar 5 milyar sekali jalan, jika anda bisa mengatur dan merencanakan dengan baik sehingga anda bisa menekan biaya pembuatan jembatan, maka anda bisa mendapatkan profit margin yang tinggi.

Misalkan anda hanya membutuhkan 4 milyar untuk pembuatan jembatan dari anggaran 5 milyar, maka anda bisa mengambil 1 milyar sebagai profit anda.

Namun tentu saja anda harus transparan tentang kemana saja anggaran tersebut dibelanjakan, karena anda akan mempertanggung jawabkanya pada pihak vendor.

2. Tender Akan Membuat Perusahaan Anda Lebih Rapi

Saat anda mengikuti lelang tender, anda harus memenuhi semua syarat administrasinya, karena salah satu syarat utamanya adalah legalitas perusahaan.

Anda harus menyiapkan semua dokumen seperti Akta perusahaan, NPWP, SIUP, TDP, IUP, dll. Anda juga wajib menyertakan bukti pembayaran pajak SPT sebagai bukti anda taat pajak dan mejadi salah satu syarat utama mengikuti tender.

Jika anda tidak bisa memenuhi syarat legalitas tersebut anda sudah pasti tidak bisa mengikuti lelang, meskipun bisa mungkin anda perusahaan anda tidak akan diterima.

Dengan mengikuti tender, maka perusahaan anda akan lebih tertib administrasi dan lebih rapi, perusahaan akan lebih rapi karena legalitasnya jelas.

3. Lelang Proyek Tender Bisa Membuat Anda Lebih Berpengalaman

Salah satu manfaat yang bisa anda dapatkan adalah pengalaman, ketika anda mengikuti tender, anda harus selalu mengupdate pengetahuan dan relasi anda seluas-luasnya, terutama soal harga barang atau jasa yang berhubungan dengan tender. Karena anda harus bisa menawarkan harga murah dan berkualitas pada vendor namun masih bisa mendapatkan margin keuntungan yang lumayan.

Untuk itu anda mau tidak mau harus bisa memiliki banyak relasi dan memiliki kemampuan melobi tingkat tinggi agar bisa memberikan penawaran terbaik bagi vendor.

Mungkin mudah untuk dikatakan namun dalam prakteknya anda mungkina akan mengalami banyak kendala, namun saat anda terbiasa mengikuti lelang tender, kemampuan anda akan semakin terasah, hal ini akan membuat bisnis anda berkembang dengan lebih cepat..

Baca juga  Cara Mendapatkan Proyek Penunjukan Langsung

4. Keamanan Dalam Transaksi

Anda pasti sudah sering mendengar tentang orang yang membawa lari uang proyek atau proyek tidak dibayar. Dengan mengikuti lelang apalagi vendornya adalah pemerintah lebih aman dan anda bisa lebih tenang dari resiko penipuan.

Pemerintah ketika menawarkan proyek mereka sudah memiliki anggaran, jadi uangnya sudah ada. Berbeda jika yang menawarkan adalah pihak swasta, yang mungkin melelang proyek padahal uangnya belum ada atau masih ada tapi Cuma sebagian.

Jika sampai tersendat pembayaranya hal tersebut akan merugikan anda sebagai pelaksana tender.

Dan karena ini dilakukan oleh pemerintah, maka kemungkinan tidak membayar lebih kecil.

5. Proses Cepat Dan Ekonomis

Salah satu prinsip ekonomi adalah dengan menggunakan modal sekecil-kecilnya mendapatkan hasil sebesar-besarnya, dalam hal ini, lelang tender adalah salah satu yang bisa anda tempuh.

Jika anda membutuhkan banyak uang untuk promosi barang atau jasa anda melalui billboard, iklan dan tim sales, anda tidak perlu memerlukan hal hal tersebut jika ingin mengikuti lelang, selama semua legalitas anda terpenuhi, dan anda memiliki rencana yang bagus untuk ditawarkan dengan harga yang kompetitif anda bisa memenangkan tender.

Paling-paling yang anda perlukan adalah strategis dan penyusun penawaran tender proyek saja, jadi sangat ekonomis untuk kantong perusahaan anda

Prosesnya pun cepat, setelah anda dan pesaing anda melengkapi syarat-syaratnya dan menghajukan penawaran pada vendor, anda tinggal menunggu mereka memberikan pengumunan siapa yang memenangkan proyek tersebut. Beda dengan penjualan langsung yang butuh waktu panjang untuk mendapatkan penjualan dengan jumlah yang sama.

Baca juga 10 Langkah Membuat Proposal Pengajuan Tender Pengadaan Barang

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang manfaat mengikuti lelang proyek / tender bagi perusahaan. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel teknik sipil berikutnya.

Leave a Comment