Tujuan dan Manfaat Jalan Tol Untuk Rakyat Umum

Teknik Area, Tujuan dan Manfaat Jalan Tol Untuk Rakyat Umum – Tahukah kamu apa tujuan dan manfaat jalan tol itu? Mengapa infrastruktur jalan tol perlu ada? Toh selama ini sudah ada jalan raya yang bisa kita gunakan. Pasti banyak diantara kalian yang bertanya-tanya mengenai hal seperti itu bukan? Sama, saya pun dulu juga sama seperti kalian. Begitu penasaran dan ingin mengetahui apa tujuan dan manfaat jalan tol terutama bagi seorang pengendara. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk langsung saja di simak penjelasan mengenai tujuan dan manfaat jalan tol berikut ini.

Tujuan dan Manfaat Jalan Tol

Tujuan dan Manfaat Jalan Tol Untuk Rakyat

Sebagaimana yang kita ketahui, dalam beberapa tahun belakangan ini pemerintah jor-joran dalam melakukan pembangunan jalan tol di Indonesia. Tercatat, menurut data dari katadata.co.id menunjukkan bahwa dari tahun 2015 hingga 2018 pemerintah telah membangun jalan tol sepanjang 782,8 km. Lantas apakah pembangunan tersebut benar-benar berguna dan bermanfaat? Jawabannya tentu iya, walaupun masih ada sisi kekurangan dan dampak negatif yang ditimbulkan.

Apa Tujuan Jalan Tol ?

Jika merujuk dari Badan Pengatur Jalan Tol, setidaknya ada 4 tujuan pembangunan jalan tol di Indonesia yakni sebagai berikut :

1. Mempelancar Lalu Lintas di Negara Berkembang

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, bahwa Indonesia merupakan negara berkembang yang masih penuh kekurangan salah satunya dari sisi transportasi dan lalu lintas.

Diharapkan dengan kehadiran jalan tol mampu mengatasi problematika yang ada terutama yang berhubungan dengan Kemacetan sehingga lalu lintas menjadi jauh lebih lancar karena berkurangnya volume kendaraan di jalan utama.

Baca juga  Tinggi Gerbang Tol Untuk Truk, Supir perhatikan!

2. Meningkatkan Pelayanan Distribusi Barang.

Hal ini masih berkaitan dengan poin pertama, dimana jika lalu lintas lancar maka secara otomatis perjalanan distribusi barang menjadi jauh lebih cepat. Kelancaran distribusi tersebut tentu saja berdampak positif dalam hal peningkatan perekonomian di negara kita.

Sesuai dengan hukum ekonomi, semakin cepat jalur distribusi maka semakin terjangkau harga produk atau jasa tersebut.

3. Meningkatkan Pemerataan Hasil Pembangunan dan Keadilan.

Selain itu, pembangunan jalan tol juga memiliki tujuan lain yakni untuk meningkatkan pemerataan hasil pembangunan dan juga meningkatkan keadilan sosial untuk rakyat Indonesia.

Ya walaupun hal tersebut tidak sepenuhnya benar dan pada fakta dan di lapangan masih timbul masalah yang diakibatkan karena adanya jalan tol baru yang dibangun. Tapi setidaknya program tersebut sudah menunjukkan pemerataan pembangunan yang kini tidak lagi hanya berpusat di daerah-daerah tertentu saja.

4. Meringankan Beban Dana Pemerintah

Penyelenggaraan jalan tol juga bertujuan untuk meringankan beban biaya pemerintah melalui partisipasi pemakai jalan. Setiap retribusi atau pajak yang dibayarkan oleh pengendara sangat membantu pemerintah dalam hal pembangunan ataupun perbaikan jalan tol yang jauh lebih baik lagi.

Pemerintah tak perlu lagi menggunakan APBN atau APBD yang penggunaannya bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Baca juga Dampak Positif Pembangunan Jalan Tol di Indonesia

Manfaat Kehadiran Jalan Tol di Indonesia Untuk Rakyat Kecil

Setuju tidak setuju, suka dan tidak suka pada kenyataannya di Indonesia jumlah jalan tol semakin meningkat dari tahun ke tahun dan terbukti telah mampu sedikit mengatasi kemacetan terutama di kota-kota besar. Dengan kehadiran jalan tol juga, kamu bisa merasakan beberapa manfaat berikut ini :

  • Pembangunan dan penyelengaraan jalan tol bakal berpengaruh dalam hal perkembangan wilayah di suatu negara dan juga terjadinya peningkatan ekonomi.
  • Pengguna jalan tol akan mendapatkan benefit dan keuntungan berupa penghematan biaya operasi kendaraan atau yang juga disebut BOK dan waktu jika dibandingkan tidak melalui jalan tol.
  • Meningkatkan mobilitas serta aksesibilitas orang dan barang.
  • Badan Usaha memperoleh pengembalian investasi melalui pendapatan tol yang tergantung pada kepastian biaya tol.
  • Dapat memperlancar alur lalu lintas sehingga bisa sedikit mengatasi kemacetan yang selama ini sering menjangkiti beberapa kota di Indonesia.
  • Terbuka lapangan pekerjaan, mengingat jalan tol tidak bisa dibangun hanya dengan 1 atau 2 orang saja. Melainkan butuh banyak ahli dan tenaga kerja guna menyelesaikan proyek pembangunan tersebut.
  • Dampak positif jalan tol selanjutnya adalah dapat menghubungkan antar daerah sehingga membuat perjalanan anda menjadi lebih cepat karena adanya jalur alternatif yang bisa dilalui.
  • Dan masih banyak lagi manfaat lainnnya
Baca juga  Etika Tender Pengadaan Barang Dan Jasa

Baca juga 5 Dampak Negatif Pembangunan Jalan Tol di Indonesia

Penutup

Hampir semua negara di dunia ini pun memiliki jalan tol yang menjadi program kerja pemimpin mereka dan juga sedikit bantuan dari swasta. Dan tujuan dan manfaat yang didapatkan pun juga tak jauh beda dengan negara kita. Hanya saja negara lain mungkin sedikit lebih baik karena pengelolaannya pun juga sangat baik. Jadi bukan sekedar membangun saja, tetapi semua pihak sama-sama menjaga agar apa yang sudah dibangun bisa terjaga dengan baik dan bermanfaat bagi banyak orang. Untuk itu, mereka benar-benar menjaga agar jalan tak mudah rusak dan menaati peraturan yang sudah ditetapkan.

Demikian pembahasan konten mengenai tujuan dan manfaat jalan tol yang dibangun di Indonesia, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan untuk kalian. Terima kasih

Leave a Comment