Jenis Tender, Begini Penjelasan Lengkapnya

Teknik Area, Jenis Tender, Begini Penjelasan Lengkapnya – Tahukah anda jenis-jenis tender?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang jenis lelang tender. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai jenis tender secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Mengetahui jenis tender adalah hal yang krusial bagi perusahaan, tanpa mengetahui jenis tendernya anda akan kesulitan untuk mengikutinya. Jika anda masih baru anda harus mempelajari ini.

Jenis ini bisa memberikan anda kemudahan untuk menganalisa seberapa banyak pesaing yang mengikuti lelang, dan peluang anda untuk memenangkan tender, anda juga bisa mengira-ngira kemampuan anda dalam mengikuti tender.

jenis tender

Menurut Cara Lelanganya

Yang pertama anda harus ketahui adalah jenis tender berdasarkan cara lelangnya, hal ini agar anda tahu apakah anda bisa mengikuti lelang tender ini atau tidak, selain itu anda bisa menganalisa persaingan jika tahu jenis tendernya.

Jenis tender menurut lelangnya dibagi menjadi 4, yaitu :

1. Lelang Tender Terbuka/Umum

Ini adalah lelang tender yang dibuka untuk umum, jadi siapa saja bisa mengikuti lelang, selama peserta memenuhi kriteria dan syarat yang telah ditentukan. Keuntungan jenis tender ini adalah anda bisa ikut pelelangan meskipun perusahaan anda masih kecil dan belum banyak memiliki prestasi.
Kelemahanya, karena siapa saja boleh ikut lelang jadi persainganya akan semakin ketat jika banyak yang berminat.

2. Lelang Tender Terbatas

Untuk lelang jenis ini, pemilik tender atau pihak pelelang membatasi peserta yang ikut. Biasanya pemilik tender menggunakan undangan pada perusahaan yang dianggap memiliki kemampuan memberikan apa yang pemilik tender inginkan, jadi tidak semua perusahaan bisa mengikutinya.

Keuntungan sistem ini adalah persaingan tidak terlalu banyak, sehingga kemungkinan menang jauh lebih tinggi. Dan kelemahanya jika anda tidak diundang maka anda tidak bisa mengikutinya.

Jika anda ingin mengikuti lelang ini, anda pertama harus memiliki reputasi yang baik terlebih dahulu dan mengenal dengan baik pemilik tender.

3. Lelang Tender Bawah Tangan/Penunjukan Langsung

Lelang ini dilakukan biasanya dalam keadaan darurat dan tidak bisa ditunda pelaksanaanya, atau mungkin karena tender ini bersifat rahasia. Dan biasanya tender ini berukuran kecil dengan nilai tender tidak lebih dari 50 juta.

Tender ini hanya diberikan oleh pemilik tender kepada perusahaan yang sudah dikenal baik dan mampu menjaga kerahasiaan (jika proyek rahasia). Atau kepada perusahaan yang sudah dikenal pemilik tender dan bisa menyelesaikan proyek dengan waktu singkat (karena keadaan darurat).

Jadi jika anda belum dikenal dan memiliki reputasi yang baik, mungkin akan sangat kecil kemungkinan anda akan mendapat tender lelang bawah tangan ini.

4. Lelang Tender Pemilihan Langsung

Lelang ini dilakukan dengan cara memilih beberapa perusahaan minimal 3, untuk memberikan penawaran kepada pemilik tender, keputusan pemenang pemilik tender akan diberikan setelah pemilik tender membandingkan semua penawaran.

Lelang jenis ini lebih mudah dimenangkan karena persaingan tidak terlalu besar.

Menurut Jenis Proyeknya

Jika diklasifikasikan menurut jenis proyeknya, jenis tender dibagi menjadi 4 yaitu :

1. Tender Pengadaan Barang

Tender pengadaan sering dilakukan oleh pihak pemerintah karena pemerintah sendiri tidak memiliki pabrik untuk produksi barangnya, barang yang diperlukan biasanya adalah barang jadi atau setengah jadi. Tapi tidak menutup kemungkinan juga barang mentah.

Contoh barang yang jadi adalah seperti alat tulis, mesin, komputer, dll. Sedangkan barang setengah jadi seperti kain untuk bahan pakaian, part mesin yang perlu proses selanjutnya, bahan kimia yang membutuhkan proses lanjutan, dll. Salah satu contoh tender besar dari pengadaan barang adalah pengadaan blangko E-KTP.

Kelebihan dari proyek ini adalah tidak begitu ribet, selama anda bisa memberikan barang yang sesuai dengan ketentuan maka tidak masalah, mungkin yang sering menjadi kendala adalah stok barang, bahan baku, dan produksi.

2. Tender Jasa Pengadaan Jasa Konsultasi

Tender ini erat hubunganya dengan keahlian seseorang dalam menyusun strategi, pengawasan maupun perencanaan. Tidak seperti tender yang lain, tender jasa konsultasi tidak membutuhkan banyak orang dan peralatan.

Yang terpenting adalah perusahaan yang ditunjuk memiliki keahlian yang dibutuhkan
Contoh dari tender ini adalah : tender arsitek, konsultan bisnis, perencanaan pembangunan, dll.

3. Tender Jasa Pemborongan

Tender ini adalah yang paling sering dilelang oleh pemilik tender seperti pemerintah, proyek ini biasanya berkaintan dengan konstruksi dan barang tidak bergerak, seperti jembatan, jalan gedung, dll.

Jika anda sering melihat berita, anda pasti sudah sering mendengar kata hambalang, itu adalah salah satu tender jasa pemborongan. Proyek pembangunan monorail di jakarta juga termasuk tender pemborongan.

4. Tender Jasa Lainnya

Tender jasa lainya adalah selain jasa konsultasi, contoh dari tender ini adalah penyedia jasa buruh, jasa servis, keamanan, jasa percetakan, jasa penjahit, dll.

Baca juga 6 Cara Mendapatkan Tender Konstruksi Dari Pemerintah

Kesimpulan

Jika anda berminat mengikuti tender, pastikan anda memenuhi semua perssyaratanya, dan telitilah permintaan pemilik tender, buatlah proposal sesuai dengan kebutuhan mereka. Karena anda sudah tahu jenis-jenis dari tender maka anda bisa menganalisa persaingan tender.

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang jenis tender. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel teknik sipil berikutnya.

Leave a Comment