Siklus Batuan dan Penjelasannya

Apa sih siklus batuan itu? Jangan bingung dulu, simak penjelasan lengkap tentang siklus batuan dan penjelasannya beserta gambar lengkap di bawah ini.

siklus batuan
gambar siklus batuan

Siklus batuan adalah suatu proses yang menggambarkan perubahan dari magma yang membeku akibat pengaruh cuaca hingga menjadi batuan beku, lalu sedimen, batuan sedimen dan batuan metamorphic dan akhirnya berubah menjadi magma kembali.

Mekanisme siklus batuan yaitu magma mengalami proses siklus pendinginan, terjadi kristalisasi membentuk batuan beku pada siklus ini, Ketika batu didorong jauh di bawah permukaan bumi, maka batuan dapat melebur menjadi magma.

Selanjutnya batuan beku tersebut mengalami pelapukan. tererosi, terangkut dalam bentuk larutan ataupun tidak larut, diendapkan, sedimentasi membentuk batuan sedimen.

Ada pula yang langsung mengalami peubahan bentuk menjadi metamorf saat siklus berlangsung. Selanjutnya pada siklus ini, batuan sedimen dapat mengalami perubahan baik secara kontak, dynamo dan hidrotermik akan mengalami perubahan bentuk dan menjadi metamorf.

Siklus berikutnya, batuan metamorf yang mencapai lapisan bumi yang suhunya tinggi mungkin berubah lagi menjadi magma lewat proses magmatisasi.Setelah mengalami siklus mulai dari magma tadi, batuan akan berubah bentuk dan jenisnya menjadi batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf kemudian menjadi magma kembali jika terdorong ke dalam bumi dan meleleh.

Batuan adalah benda padat yang terbuat secara alami dari mineral atau mineraloid. Dalam siklus pembentukannya, batuan mengalami peristiwa yang dikenal sebagai siklus batuan.

Siklus batuan adalah suatu proses yang menggambarkan menggambarkan bahwa batuan terbentuk dari proses perubahan magma. Ketika magma keluar dari isi perut bumi, cairan magma menjadi beku akibat pengaruh cuaca.

Magma yang membeku kemudian dikenal menjadi batuan beku, lalu sedimen, batuan sedimen, dan batuan metamorf dan akhirnya kembali menjadi magma kembali.

Proses dalam pembuatan batuan membutuhkan proses dan waktu yang singkat atau panjang hingga jutaan tahun lamanya. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor alam seperti cuaca, udara, tekanan, temperatur dan berbagai faktor lainnya.

Baca juga Jenis-jenis Pemboran

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang siklus batuan. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel siklus batuan berikutnya.

Leave a Comment