5 Jenis Plastik Kemasan Makanan

Apakah Anda sedang mencari jenis plastik kemasan makanan, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan jenis plastik untuk kemasan makanan seperti untuk keripik, makanan ringan, snack, dan lain-lain.

Jenis Plastik Kemasan Makanan

Isu penggunaan plastik semakin menjadi topik menarik yang diperbicangkan di beberapa pelaku bisnis kuliner khususnya bagi mereka yang sering mengemas produk makanan atau minumannya menggunakan kemasan plastik. Namun, jangan khawatir, ada juga kemasan plastik yang aman digunakan sebagai kemasan makanan walaupun perlu diketahui terlebih dahulu jenis plastik apa saja yang memang aman. 

Secara mudah, Anda dapat mengetahui jenis plastik yang aman digunakan hanya dengan melihat kode daur ulang yang berupa segitiga panah dengan angka di dalam setiap kemasan. Nah, apa saja arti dari kode-kode tersebut? Simak yuk 5 (lima) jenis plastik yang aman digunakan untuk kemasan makanan:

1. Polyethylene Terephthalate (PET atau PETE)

Dikenal sebagai bahan plastik yang memiliki jenis PET, bahan ini lebih bersifat kuat, jernih dan mampu mempertahankan air agar tidak bocor.

Biasanya, jenis kemasan plastik ini digunakan untuk mengemas produk minuman, kemasan selai, botol kecap dan juga botol sambal karena memiliki bahan yang lebih kuat dan tidak mudah rapuh.

Perhatikan bahwa sebaiknya kemasan PET dengan angka 1 ini tidak digunakan untuk makanan atau minuman dengan suhu di atas 60 derajat celcius. Lalu, kemasan ini hanya boleh digunakan untuk satu kali pemakaian dan bukan untuk pemakaian berulang. 

2. High Density Polyethylene (HDPE)

Beralih ke jenis plastik yang kedua yaitu High Density Polyethylene (HDPE) dimana bertanda angka 2, bahan yang satu ini tergolong keras namun semi fleksibel yang tahan terhadap bahan kimia serta kelembapan.

HDPE juga memiliki struktur permukaan yang lebih buram serta mudah diwarnai. Biasanya, jenis plastik HDPE digunakan untuk produk susu cair dan jus. Sama seperti PET, jenis plastik ini juga disarankan hanya untuk sekali pemakaian dan bukan untuk berulang. 

3. Polivinil Klorida (PVC) 

Jenis yang berlogo nomor 3 adalah jenis plastik Polivinil Klorida. Bahan PVC terbagi menjadi dua yaitu yang bersifat kuat dan jernih untuk digunakan pada botol jus, minyak sayur dan air mineral.

Jenis kedua adalah PVC yang bersifat lebih lunak serta jernih. Biasanya, lebih digunakan sebagai pembungkus makanan. Ada hal yang harus diperhatikan untuk penggunaan jenis bahan PVC yaitu hindari digunakan untuk makanan berminyak, berlemak dan mengandung alkohol terutama makanan atau minuman tersebut dalam keadaan panas. 

4. Low Density Polyethylene (LDPE) 

Berlogo angka 4, Low Density Polyethylene (LDPE) merupakan jenis plastik yang tidak jernih namun dapat ditembus oleh cahaya dari luar. Banyak pelaku bisnis yang menggunakan plastik LDPE untuk produk yoghurt, kantong belanja, makanan segar dan botol minuman.

Faktanya, jenis plastik LDPE ini relatif aman untuk digunakan sebagai kemasan makanan atau minuman dibandingkan jenis plastik lainnya. Sekali lagi, perhatikan untuk tidak mengisinya dengan produk makanan atau minuman yang panas atau dikukus dan lebih baik untuk membungkus makanan siap saji. 

5. Polipropilen (PP) 

Bisa dikatakan dari jenis plastik sebelumnya, jenis Polipropilen yang berlogo angka 5 ini memiliki sifat keras namun fleksibel karena bisa digunakan sebagai kemasan makanan atau minuman ringan.

Uniknya, jenis plastik PP ini lebih tahan terhadap panas, minyak serta aman jika dipanaskan di microwave, tapi tetap sesuai dengan petunjuk pada kemasan ya.

Baca juga Jenis Jenis Plastik, Kegunaannya dan Contohnya

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang jenis plastik kemasan makanan. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel plastik berikutnya.

Sumber: https://www.virtuspack.com/id/articles/5-jenis-plastik-yang-aman-untuk-kemasan-makanan

Leave a Comment