Jenis-jenis Pemboran

Apa sih jenis jenis pemboran itu? Jangan bingung dulu, simak penjelasan lengkap tentang macam macam metode pemboran di bawah ini.

Pemboran merupakan salah satu hal yang penting di dalam industri migas. Berbagai macam metode telah dikembangkan untuk menyesuaikan kegiatan pemboran, dimulai dari vertical drilling, directional drilling, dan juga horizontal drilling.

Pada tugas akhir ini akan difokuskan pada directional drilling, cara mengontrol arah dan juga titik belok di dalam lubang sumur agar sesuai dengan target yang telah ditentukan dan evaluasi pada saat pemboran.

Jenis-jenis Pemboran

Tujuan dari dilakukannya kegiatan pemboran adalah untuk mencapai target reservoir yang telah ditentukan. Berdasarkan lintasan di dalam lubang bor terdapat tiga macam jenis pemboran yaitu, vertical drilling, directional drilling, dan horizontal drilling.

1. Vertical Drilling

Didalam vertical drilling pemboran memiliki lintasan bor menembus secara tegak lurus sampai mencapai target reservoir yang ditentukan.

Dalam pelaksanaan pemboran kita harus melihat dari kondisi reservoir yang akan kita bor, tekanan reservoir yang ada, dan daerah dari reservoir agar ekonomis didalam pelaksanaannya.

2. Directional dan Horizontal Drilling

jenis jenis pemboran

Teknik pemboran dimana arah pemboran dibelokkan mengikuti lintasan yang telah direncanakan untuk mencapai target yang telah ditentukan.

Pemboran horizontal merupakan bentuk pengembangan dari pemboran directional dimana pemboran dibelokkan secara horizontal mengikuti lintasan yang telah direncanakan.

Jenis-Jenis Pemboran Berdasarkan Tujuannya

Tujuan suatu pemboran dapat bermacam-macam, yaitu:

  1. Pemboran Inti, yaitu suatu pemboran yang bertujuan untuk memperoleh contoh batuan dalam bentuk inti (core), dari kedalaman 0 sampai kedalaman tertentu. Pemboran ini biasa disebut dengan diamond drilling .
  2. Pemboran Stratigrafi, bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai urutan stratigrafi suatu daerah. Di perminyakan pemboran semacam ini biasa disebut dengan pemboran lubang kecil (slimhole drilling) karena biasanya diameter lubangnya kecil.
  3. Pemboran Struktur, bertujuan untuk mendapatkan gambaran struktur geologi suatu tempat.
  4. Pemboran Eksplorasi (Wildcat Drilling), yaitu pemboran uji untuk menguji apakah suatu formasi mengandung bahan galian atau tidak. Pemboran semacam ini adalah fase yang paling mendebarkan dalam pencarian minyak bumi ataupun mineral.
  5. Pemboran Peledakan, pemboran yang dilakukan untuk membuat lubang isian bahan peledak.
  6. Pemboran Air Tanah, pemboran yang bertujuan untuk mengetahui kondisi akuifer maupun untuk keperluan konstruksi sumur bor.
Baca juga  6 Pengaruh Letak Geologis Indonesia Bagi Kehidupan Masyarakat

Jenis-Jenis Pemboran Berdasarkan Lokasinya

  1. Pemboran Darat (On Shore)
    Pemboran darat adalah pemboran yang titik lokasinya berada di daratan. Isitilah lainnya adalah on shore drilling.
  2. Pemboran Lepas Pantai (Off Shore)
    Pemboran lepas pantai adalah pemboran yang titik lokasinya di lepas pantai. Akan tetapi dapat dimasukkan juga untuk pemboran lepas pantai jika lokasi pemborannya berada di lingkungan yang berair di danau, sungai dan rawa.

Baca juga Pengertian Letak Geologis

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang jenis jenis pemboran. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel pemboran berikutnya.

Leave a Comment