Fungsi Kompressor Udara di Atas Kapal

Apakah Anda sedang mencari fungsi kompressor di Kapal, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan fungsi kompresos (compressor) udara pada kapal.

fungsi kompressor di Kapal

Fungsi Kompressor Kapal

Fungsi kompressor di atas kapal adalah untuk menghasilkan atau memproduksi udara/angin bertekanan tinggi.

Udara bertekanan tinggi tersebut ditampung didalam botol angin untuk kemudian dipergunakan sebagai pemicu star awal main engine (M/E), aux engine (A/E) dan permesinan lainya yang menggunakan sistem penumatik.

Selain itu, kompresor udara juga merupakan peralatan mekanik yang digunakan untuk menambah energi kepada fluida gas/udara sehingga fluida tersebut dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lainnya secara berlanjut.

Kompresor udara di kamar mesin masuk kedalam golongan permesinan bantu atau pesawat bantu di kapal yang digunakan untuk menghasilkan udara kempa yang di tampung didalam botol angin, untuk udara start main engine (M/E) dan motor bantu (A/E).

Kompressor udara diatas kapal mempunyai peranan penting untuk berbagai keperluan dan aktivitas di kapal, seperti untuk:

  • menghidupkan mesin induk kapal
  • membantu pekerjaan yang menggunakan tekanan udara
  • menghasilkan/memproduksi udara bertekanan dengan cara menghisap dan memampatkan udara tersebut kemudian disimpan dalam botol angin kempa untuk disuplai kepermesinan yang menggunakan sistem pneumatik dll.

Kompresor dilengkapi dengan tabung untuk menyimpan udara bertekanan, sehingga udara dapat mencapai jumlah dan tekanan yang diperlukan. Tabung udara bertekanan pada kompressor dilengkapi dengan katup pengaman, bila tekanan udaranya melebihi ketentuan, maka katup pengaman akan terbuka secara otomatis.

Fungsi kompressor di atas kapal?

fungsi kompressor diatas kapal adalah untuk menghasilkan atau memproduksi udara/angin bertekanan tinggi.

Baca juga: 7 Nama Merek Mesin Kapal Laut Yang Terkenal

Baca juga  Apa yang dimaksud dengan DWT, LWT, GT, NT Kapal

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang fungsi kompressor di atas kapal. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel kapal berikutnya.

Leave a Comment