Akhir gerakan kaki yang benar setelah mengumpan atau menendang bola dengan kaki bagian luar adalah

Apakah Anda sedang mencari Akhir gerakan kaki yang benar setelah mengumpan atau menendang bola dengan kaki bagian luar adalah, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

soal: Akhir gerakan kaki yang benar setelah mengumpan atau menendang bola dengan kaki bagian luar adalah

jawaban:

Akhir gerakan kaki yang benar setelah mengumpan bola dengan kaki bagian luar dalam sepak bola harus diperhatikan dengan benar. Sebab, setiap pemain harus bisa mengumpan dengan baik untuk bekerja sama. Teknik mengumpan seringkali dianggap mudah, karena tidak memerlukan tenaga.

Padahal, permainan sepak bola tentunya tidak akan bisa berjalan tanpa adanya umpan. Penguasaan umpan yang baik dan benar sangat dibutuhkan dalam permainan sepak bola. Dengan menguasai teknik ini, maka akan memudahkan rekan setim untuk menerima bola.

Akhir Gerakan Kaki yang Benar Setelah Mengumpan Bola dengan Kaki Bagian Luar

Akhir gerakan kaki yang benar setelah mengumpan atau menendang bola dengan kaki bagian luar adalah menyilang di depan tubuh. Sebab, ayunan kaki yang digunakan untuk menendang ketika diayunkan ke depan dilakukan dengan cara memutar kaki ke dalam, sehingga mengakibatkan kaki terbawa menyerong. Dengan mengayunkan kaki agak menyilang juga bertujuan agar perkenaan bola pada kaki bagian luar dengan pada punggung kaki.

Pemain dapat menggunakan tiga bagian kakinya untuk mengumpan bola, yaitu kaki bagian dalam, bagian luar, dan punggung kaki.

1. Umpan dengan Kaki Bagian Dalam

Perkenaan kaki pada bola untuk arah bola melambung dengan teknik kaki bagian dalam adalah sebagai berikut:

  1. Kaki ditumpu pada samping sejajar dengan bola, kemudian lutut ditekuk.
  2. Kaki membentuk sudut 90 derajat dengan kaki tumpu.
  3. Posisi tubuh di belakang bola dengan posisi sedikit tegak.
  4. Tendangan dimulai dari menarik kaki dan mengayun ke depan.
  5. Saat perkenaan mata melihat bola dan meneruskan pandangan pada sasaran.
  6. Setelah menendang, nantinya ada gerakan lanjutan atau biasa disebut follow through.

2. Umpan dengan Punggung Kaki

Lalu, cara melakukan umpan dengan menggunakan punggung kaki adalah sebagai berikut:

  1. Kaki ditumpu pada sejajar dengan bola, lalu kaki lurus ke belakang.
  2. Kaki sepak membentuk 30 derajat dengan kaki tumpu.
  3. Posisi tubuh dengan sedikit condong ke depan.
  4. Tendangan dimulai dari menarik kaki dan mengayun ke depan.
  5. Pada saat mengenai perkenaan bagian punggung kaki, mata melihat bola dan meneruskan pada sasaran yang akan dituju atau rekan satu tim.
  6. Setalah menendang, ada gerakan lanjutan atau biasa disebut follow through.

3. Umpan dengan Kaki Bagian Luar

Terakhir, bentuk gerakan kaki yang benar saat menggiring bola dengan kaki bagian luar adalah:

  1. Kaki ditumpu pada samping sejajar dengan bola. Sementara itu, posisi kaki lurus ke belakang.
  2. Kaki sepak membentuk sudut 30 derajat dengan kaki tumpu.
  3. Posisi tubuh sedikit condong ke depan.
  4. Tendangan dimulai dari menarik kaki dan mengayun ke depan.
  5. Pada saat bola mulai mengenai perkenaan kaki bagian luar, pandangan tertuju pada bola dan meneruskan pandangan pada sasaran yang akan dituju.
  6. Setelah menendang ada gerakan lanjutan atau biasa disebut follow through.

Jenis Umpan dalam Sepak Bola

Umpan terdiri dari dua jenis, yaitu umpan pendek (shortpassing) dan umpan lambung atau jauh (long passing). Berikut adalah penjelasannya:

1. Umpan Pendek (Short Pass)

Gerakan menendang bola secara terputus-putus dan dilakukan secara perlahan merupakan teknik passing pendek. Lalu, menendang bola dengan memberi umpan jarak pendek disebut tendangan mendatar.Mengutip dari UCAM Indonesia Football Academy, untuk melakukan umpan pendek, pastikan ada jarak antara posisi kita berdiri dengan bola.

Kemudian, posisi tubuh kita berada di belakang bola, sehingga memiliki power saat melakukan passing. Supaya bisa mengarahkan bola saat melakukan operan pendek yang baik, maka kita harus memiliki keseimbangan tubuh. Posisikan kaki yang menjadi tumpuan sejajar dengan bola dengan ujung kaki mengarah ke arah yang dituju.

2. Umpan Jauh atau Lambung (Long Pass)

Gerak menendang bola yang digunakan untuk memberikan bola jarak jauh adalah long pass. Teknik ini memiliki dasar yang sama dengan passing mendatar atau operan pendek.Perbedaannya adalah posisi kaki saat menyentuh bola dan hasil tendangannya yang akan melambung ke udara.

Lalu, melewati kepala pemain lawan (overhead). Umpan ini dilakukan untuk memberikan umpan jarak jauh hingga operan silang ke daerah pertahanan lawan. Bahkan, skill dianggap mematikan bagi para lawan. Demikian akhir gerakan kaki yang benar setelah mengumpan bola dengan kaki bagian luar.

Baca juga: Posisi badan yang benar saat menahan bola dengan telapak kaki adalah

Demikian yang dapat teknik area bagikan, tentang Akhir gerakan kaki yang benar setelah mengumpan atau menendang bola dengan kaki bagian luar adalah. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel penjaskes berikutnya. Dapatkan informasi-informasi menarik mengenai hosting murah, hosting wordpress, hosting paling bagus, hosting indonesia, hosting terbaik, dan webhosting lokal murah di situs ini. Agar memudahkan Anda dalam memilih hosting yang tepat untuk website.

Don`t copy text!