Begini Sistem Tender, Wajib Baca!

Begini Sistem Tender, Wajib Baca! – Apabila Anda sedang mencari referensi tentang sistem tender online atau info tentang tender offline, maka Anda sudah mendapatkan artikel yang pas. Jadi silahkan baca artikel ini sampai selsai, karena dalam tulisan ini akan dibahas tentang sistem tender.

Sistem Tender

Sistem Tender

Sistem tender merupakan sebuah mekanisme dimana sebuah perusahaan, lembaga atau instansi membutuhkan pembelian barang dan jasa dengan cara mengundang vendor, diamana kemudian pembelian barang dan jasa akan dilakukan ketika pihak yang membuka lelang sudah menemukan harga yang cocok, maka setelah itu panitia lelang akan menentukan pemenang tender atau lelang tersebut.

Kurang lebih seperti itulah sebuah sistem tender bekerja.

Sistem tender ini sangat disukai oleh perusahaan yang biasa mengadakan penjualan barang dan jasa, karena apabila mereka memenangkan tender, maka mereka akan mendapatkan kontrak pengerjaan jangka panjang.

Dimana kontrak tersebut apabila dijalankan dengan baik, maka uang dari pembayaran kontark dapat digunakan untuk memperkuat bisnis perusahaan.

Oleh karenanya, banyak perusahaan yang tertarik untuk mengikuti lelang ataupun tender yang diadakan pihak kementrian, lembaga, instansi ataupun suwasta.

Untuk mengikuti tender sendiri dibutuhkan begitu banyak persyaratan yang harus dipenuhi, seperti NPWP perusahaan, SIU, SIUP, TDP dan lain sebagainya.

Sebelum bisa mengikuti sebuah tender, maka harus tahu dahulu perusahaan atau instansi mana yang sedang membuka sebuah tender.

Maka dari itu perlu kejelian untuk menemukan informasi sebuah tender sedang dibuka atau tidak, biasanya info tentang sebuah tender sendiri dimuat diberbegai media, antara lain :

  • Dimuat di situs kementerian, lembaga, instansi atau perusahaan tertentu;
  • Dimuat di koran;
  • Diumumkan oleh panitia pengadaan barang dan jasa.

Setelah informasi tentang adanya sebuah tender ditangan, langkah yang perlu dilakukan adalah mempelajari info tersebut, kemudian melakukan pencermatan tentang syarat dan ketentuan tender.

Baca juga  10 Langkah Membuat Proposal Pengajuan Tender Pengadaan Barang

Baca juga: Ini Perbedaan Tender Terbuka dan Tertutup, Wajib Baca!

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang sistem tender. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel tender berikutnya.

Leave a Comment