Selain terletak diantara 2 benua dan 2 samudra wilayah indonesia berbatasan dengan negara lain didaratan sebutkan

Apakah Anda sedang mencari selain terletak diantara 2 benua dan 2 samudra wilayah indonesia berbatasan dengan negara lain didaratan sebutkan, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Selain terletak diantara 2 benua dan 2 samudra wilayah indonesia berbatasan dengan negara lain didaratan sebutkan

Soal: selain terletak diantara 2 benua dan 2 samudra wilayah indonesia berbatasan dengan negara lain didaratan sebutkan

Jawaban: Malaysia, Timor Leste dan Papua Nuigini

Penjelasan:

Berikut perbatasan darat Indonesia dengan negara lain:

1. Perbatasan Indonesia dengan Malaysia Perbatasan daratan Indonesia dengan Malaysia membentang sepanjang 2.019 kilo meter dari Tanjung Batu, Kalimantan Barat laut melewati dataran tinggi pedalaman Kalimantan hingga Teluk Sabatik dan Laut Sulawesi di sebelah timur Sulawesi.

Perbatasan kedua negara berawal dari perjanjian antara Belanda dan Inggris pada 1824. Dalam perjanjian menetapkan pengaruh pada Kepulauan Melayu antar kedua penjajah tersebut. Pada 1891 digelar Konvensi London yang ditandatangani Belanda dan Inggris.

Pada konvensi menyatakan bahwa ujung timur perbatasan berada pada 4 derajat, 10 derajat LU hingga ke arah barat melintasi Pulau Sebatik dilepas pantai Sabah. Pulai Sebatik dua pulau, yakni bagian utara dikuasai Borneo Utara Inggris. Sementara bagian selatan dikuasai Hindia Belanda.

Perbatasan melintasi selat antara Sebatik dan daratan yang membentang di sepanjang garis tengah Tambu dan Sikapal. Konflik sering terjadi antara kedua negara mengenai masalah perbatasan.

2. Perbatasan Indonesia dengan Timor Leste Dilansir dari situs resmi Kementerin Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), perbatasan Indonesia dan Timor Lestes ada di Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan daratan utams Timor Leste.

Ada juga perbatasan di Kabupaten Timor Tengah Utara dan Kabupaten Kupang, NTT dengan Ekslave Oecussi-Ambeni, Timor leste. Perbatasan Indonesia Indonesia dengan Timor Leste merupakan sejarah panjang antara Portugis dan Belanda. Pulau Timor merupakan wilayah jajahan kedua negara tersebut.

Bagian barat dikuasai Belanda, sedangkan bagian timur dikuasai Portugis. Pulau Timor menarik kedua negara untuk menguasai karena memiliki kayu candana yang pada waktu itu menjadi komoditi dagang istimewa. Konflik antar kedua sering terjadi mengenai perbatasan.

Timor Leste merupakan bekas bagian Indonesia yang merdeka pada 2002. Pada waktu itu disepakati mengenai perbatasan Indonesia, yakni panjang garis perbatasan antar NTT dan Timor Leste sepanjang 268,8 kilometer.

3. Perbatasan Indonesia dengan Papua Nuigini Batas Indonesia dan Papua Nuigini berada di Provinsi Papua sebelah barat. Perbatasan Indonesia dan Papua Nuigini sesuai dengan perjanjian bersama Australia sebelum kemerdekaan pada 1974.

Geografi negara Papua Nuigini beragam, barisan pegunungan memanjang di Pulau Papua yang membentuk dataran tinggi yang padat penduduk. Diberitan Kompas.com (16/6/2017), di tapal batas negara dijaga oleh pasukan TNI untuk menjaga keamanan di wilayah perbatasan.

Baca juga : Indonesia diapit oleh dua samudra sebutkan

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang selain terletak diantara 2 benua dan 2 samudra wilayah indonesia berbatasan dengan negara lain didaratan sebutkan. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel geografi berikutnya.

Don`t copy text!