Indonesia diapit oleh dua samudra sebutkan

Apakah Anda sedang mencari indonesia diapit oleh dua samudra sebutkan, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Indonesia diapit oleh dua samudra sebutkan

Soal: indonesia diapit oleh dua samudra sebutkan

Jawaban: Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Penjelsan:

Letak geografis Indonesia berada di wilayah yang cukup strategis. Hal ini karena letak geografis Indonesia berada dijalur pelayaran dan perdagangan yang menyilang di antara beberapa benua.

Letak geografis sendiri merupakan letak suatu daerah dilihat dari letak sebenarnya di bumi dan menentukan pula letak posisi antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. 

Letak geografis Indonesia yang strategis sedikit banyak memberikan keuntungan bagi wilayah Indonesia. Salah satunya adalah keanekaragaman flora dan fauna yang dapat ditemukan di banyak wilayah di Indonesia.

Indonesia terletak diantara Benua Asia dan Benua Australia, serta diapit oleh Samudra Hindia, Samudra Pasifik dan Laut China Selatan. Indonesia berbatasan dengan sejumlah negara dan samudera. Berikut batas wilayah Indonesia.

  • Sebelah Utara             : Malaysia, Singapura, Filipina, Laut China Selatan
  • Sebelah Selatan         : Timor Leste, Australia, dan Samudera Hindia
  • Sebelah Barat              : Samudra Hindia
  • Sebelah Timur             : Papua Nugini dan Samudra Pasifik

Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara terluas di dunia dengan total luas wilayah 5.180.083 km² yang mencakup daratan dengan luas 1.922.570 km² dan lautan dengan luas  3.257.483 km².

Indonesia juga memiliki bentang panjang wilayah sebesar 3.977 mil yang terdiri dari 17.504 pulau dan juga memiliki batas lautan 12 mil laut serta Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) 200 mil.

 

Baca juga :Indonesia diapit oleh dua benua sebutkan

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang indonesia diapit oleh dua samudra sebutkan. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel geografi berikutnya.

Don`t copy text!