Jelaskan Siklus Batuan Secara Singkat Beserta Gambar

Apakah Anda sedang mencari jelaskan siklus batuan, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan penjelasan siklus batuan secara singkat beserta gambar.

Jelaskan Siklus Batuan Secara Singkat Beserta Gambar
Jelaskan Siklus Batuan Secara Singkat Beserta Gambar

Siklus batuan adalah sebuah proses perubahan dari batu yang berawal dari magma yang kemudian mengalami pembekuan dan proses-proses lain hingga akhirnya menjadi magma kembali.

Sebagaimana harus kita ketahui bahwa ternyata batuan juga mengalami siklus atau proses perputaran dari magma kemudian mengalami perubahan hingga akhirnya menjadi magma kembali.

Siklus batuan itu adalah sebagai berikut :

  1. Kristalisasi Magma, yaitu magma yang berasal dari perut bumi mengeras dan mengkristal hingga membentuk batuan pertama.
  2. Pelapukan, yaitu magma yang sudah mengkristal itu terkena proses seperti penyinaran matahari, cuaca, suhu dan sebagainya hingga mengalami pelapukan.
  3. Erosi, yaitu proses pengikisan dari batuan yang sudah lapuk itu hingga larut ke tanah. Proses erosi bisa terjadi karena air, atau angin, atau gejala-gejala lain.
  4. Pengendapan, yaitu proses pengendapan dari batuan yang sudah terkikis oleh erosi itu hingga mengendap dan membentuk sedimentasi. Kemudian terbentuklah batuan sedimen.
  5. Pembentukan batuan metamorf, yaitu proses terbentuknya bermula dari batuan sedimen yang semakin terendap masuk ke dalam perut bumi hingga membentuk proses metamorf. Batuan metamorf terbentuk akibat tekanan dan energi panas dari bumi.
  6. Pembentukan magma, yaitu proses dimana batuan metamorf yang semakin panas hingga membentuk magma kembali.

Baca juga Uraikan Proses Terjadinya Siklus Batuan

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang jelaskan siklus batuan secara singkat beserta gambar. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel siklus batuan berikutnya.

Leave a Comment