Indonesia diapit oleh dua benua sebutkan

Apakah Anda sedang mencari Indonesia diapit oleh dua benua sebutkan, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Indonesia diapit oleh dua benua sebutkan

Soal: Indonesia diapit oleh dua benua sebutkan

Jawaban: Benua Asia dan Benua Australia

Penjelasan:

Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak di antara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Posisi tersebut berpengaruh pada berbagai hal.

Setidaknya ada 3 hal yang dipengaruhi oleh letak geografis Indonesia. Antara lain sebagai berikut:

1. Indonesia berada pada posisi silang lalu lintas perdagangan dan pelayaran dunia. Hal ini dilihat dari posisi Indonesia yang diapit oleh dua benua dan dua samudra
yang menjadi jalur perdagangan internasional.

2. Indonesia mengalami iklim muson yang dipengaruhi daratan Benua Asia dan Benua Australia yang dipisahkan oleh khatulistiwa. Itulah mengapa hanya ada dua musim yang terjadi di Indonesia yaitu musim kemarau dan penghujan.

Keduanya saling bergantian setiap 6 bulan sekali. Di antara kedua musim tersebut terdapat masa pancaroba, yaitu masa peralihan dari satu musim ke musim lainnya.

3. Indonesia mendapat pengaruh berbagai kebudayaan dan peradaban dari negara luar. Adanya lalu lintas jalur laut mengakibatkan banyak kapal asing yang berlabuh ke Indonesia. Hal ini menyebabkan terjadinya proses percampuran suku bangsa dan budaya.

Baca juga : Cara yang umum dilakukan cicak untuk berpindah tempat adalah

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang Indonesia diapit oleh dua benua sebutkan. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel geografi berikutnya.

Don`t copy text!