Cara yang umum dilakukan cicak untuk berpindah tempat adalah

Apakah Anda sedang mencari cara yang umum dilakukan cicak untuk berpindah tempat adalah, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Cara yang umum dilakukan cicak untuk berpindah tempat adalah

Soal: cara yang umum dilakukan cicak untuk berpindah tempat adalah

Jawaban: berjalan dengan kaki yang lengket di dinding

Penjelasan:

Ciri khusus hewan cicak sangat berbeda dengan hewan reptil lainnya. Hewan cicak memiliki ukuran tubuh yang tidak begitu panjang dan besar, ukurannya kurang lebih sekitar sepuluh centimeter saja. Selain itu, cicak juga memiliki berbagai macam warna.

Umumnya, cicak berwarna abu-abu dan ada juga yang berwarna cokelat kehitaman.

Di antara ciri khusus hewan cicak, keunikannya adalah dalam melindungi diri. Ya, cicak kerap memutuskan ekornya untuk menghindar dari mangsanya. Kemampuan cicak memutuskan ekor ini disebut dengan autotomi.

Ciri Khusus Hewan Cicak

Ada Sistem Perekat di Telapak Kakinya

Ciri khusus hewan cicak yang sangat identik adalah memiliki telapak kaki dengan sistem perekat. Sistem perekat pada cicak ini dibangun oleh telapak kaki yang beralur paralel. Alur yang dimiliki pada kaki cicak ini memungkinkan cicak untuk menempelkan kakinya di dinding dan berjalan tanpa terpeleset.

Melindungi Diri dengan Autotomi

Ciri khusus hewan cicak selanjutnya adalah kemampuannya untuk memutuskan ekor. Hal ini dilakukan cicak untuk melindungi dirinya dari serangan musuh. Ya, kemampuan uniknya ini memiliki nama lain autotomi atau memutuskan ekor.

Cara cicak untuk menghindari gangguan musuh adalah dengan memutuskan ekor. Pemangsa akan kaget saat melihat ekor cicak belum diserang namun ekornya sudah putus. Nah, ketika pemangsa tadi terpengaruh dengan ekor cicak yang putus dan bergerak-gerak, saat itulah cicak akan lari dan terbebas dari mangsanya.

Punya Lidah yang Panjang dan Lengket

Ciri khusus hewan cicak yang unik lainnya adalah memiliki lidah yang panjang dan lengket. Kondisi fisiknya ini berfungsi untuk memperoleh makanan. Bentuk lidahnya ini digunakan untuk menangkap mangsa berupa serangga yang terbang.

Biasanya cicak makan serangga seperti nyamuk. Maka tak heran kalau cicak banyak ditemui atau hidup di dinding-dinding dan atap rumah. Sedangkan kalau di alam bebas, cicak biasanya hidup di tempat-tempat yang teduh.

Baca juga : Belalang merupakan serangga yang merupakan organ gerak berupa

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang cara yang umum dilakukan cicak untuk berpindah tempat adalah. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel ipa berikutnya.

Don`t copy text!