Sebutkan syarat menjadi imam

Apakah Anda sedang mencari sebutkan syarat menjadi imam, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Sebutkan syarat menjadi imam

Sebutkan syarat menjadi imam

Jawaban:

1. Beragama Islam
2. Berakal Sehat
3. Baligh
4. Laki-laki
5. Suci dari Hadast
6. Paham Bacaan dan Rukun Sholat
7. Tidak Sedang Menjadi Makmum

Penjelasan:

1. Beragama Islam

Syarat pertama dan wajib dipenuhi seorang imam adalah beragama Islam. Imam Syafi’i dalam Kitab al-Mughni al-Muhtaaj jilid I halaman 241 mengatakan: “Jika diketahui dengan jelas bahwa seorang imam itu kafir atau dari jenis perempuan, maka wajib untuk mengulang sholatnya.”

2. Berakal Sehat

Seorang imam diwajibkan memiliki akal sehat. Sholat tidak akan sah jika dipimpin oleh orang yang memilliki gangguan jiwa (gila), ataupun orang yang tidak sadar seperti dalam keadaan mabuk.

3. Baligh

Baligh didefinisikan sebagai seseorang yang sudah dewasa. Seorang Muslim yang sudah baligh bisa bertanggung jawab sepenuhnya dalam menjalankan perintah Allah SWT. Mayoritas ulama mengatakan syarat ini berlaku untuk sholat wajib dan sunnah.

4. Laki-laki

Yang dianjurkan sebagai imam ketika sholat berjamaah adalah seorang laki-laki. Namun untuk sholat berjamaah yang semua jamaahnya adalah perempuan, imamnya diperbolehkan seorang perempuan.

5. Suci dari Hadast

Mayoritas ulama sepakat, sholat menjadi tidak sah hukumnya apabila imam sedang berhadast atau terkena najis. Namun jika seorang imam tidak mengetahui bahwa dirinya sedang berhadast hingga sholatnya selesai, maka sholatnya tidak batal.

6. Paham Bacaan dan Rukun Sholat

Memilih atau menjadi seorang imam lebih diutamakan untuk orang yang lancar membaca Alquran dan memiliki hafalan surat-surat. Selain memahami bacaan sholat, imam juga harus mengerti rukun sholat.

7. Tidak Sedang Menjadi Makmum

Orang yang sedang menjadi makmum dari imam lainnya tidak dapat menjadi imam sholat berjamaah. Seorang imam memiliki kewajiban untuk mandiri, yang artinya tidak sedang mengikuti sholat jamaah yang lainnya.

—————-#—————-

Baca juga Apa yang dimaksud dengan munfarid

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang sebutkan syarat menjadi imam. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel agama berikutnya. Dapatkan informasi-informasi menarik mengenai hosting terbaik, jasa pembuatan website dan website, Software VPN terbaik, tempat wisata favorit, jasa iklan google, harbolnas, HP Terbaik 2 jutaan, tips investasi emas, tips investasi pada forex tanpa trading, suransi mobil, dan Indonesia culture.

Don`t copy text!