7 Jenis Pompa Sentrifugal

Apakah Anda sedang mencari jenis pompa sentrifugal, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan macam-macam centrifugal pump.

Jenis Pompa Sentrifugal

Pada dasarnya pompa sentrifugal adalah pompa terdiri dari satu impeller atau lebih yang dilengkapi dengan sudu-sudu yang dipasangkan pada poros yang berputar. Dan diselubungi dengan casing berbentuk volut. 

Jenis pompa ini merupakan jenis yang paling umum dipakai diseluruh dunia. Keunggulan dari pompa ini yaitu memiliki tekanan yang cukup kuat, efisien dan cukup murah dalam pembuatannya. 

Ketika pompa ini bekerja, maka tekanan fluida akan meningkat dari inlet pompa menuju ke outletnya. Perubahan tekanan akan mendorong cairan ke seluruh sistem.

Pompa ini menghasilkan peningkatan kekuatan dengan mentransmisikan daya mekanis dari motor listrik ke cairan di seluruh putaran impeller. Aliran cairan akan memasuki pusat impeller dan keluar bersama dengan pisau-nya. Kekuatan sentrifugal meningkatkan kecepatan fluida dan juga energi seperti kinetik yang dapat diubah.

Jenis Pompa Sentrifugal

Pompa sentrifugal juga mempunyai beberapa jenis yaitu, pompa volute, pompa difuser, pompa radial, pompa aksial, pompa turbin, pompa aliran campur.

1. Pompa Volute

Pada pompa volute aliran yang keluar dari impeller ditampung di dalam volute (rumah spiral), yang selanjutnya akan disalurkan ke nosel keluar.

2. Pompa Difuser

Pompa difuser mempunyai difuser yang dipasang mengelilingi impeller.

Fungsi dari difuser ini adalah untuk menurunkan kecepatan aliran yang keluar dari impeller, sehingga energi kinetik aliran dapat diubah menjadi energi tekanan secara efisien.

Baca juga  Penemu Telegraf Pertama Kali di Dunia

Pompa difuser dipakai untuk memperoleh head total yang tinggi.

3. Pompa Radial

Fluida dihisap pompa melalui sisi isap adalah akibat berputarnya impeller yang menghasilkan tekanan vakum pada sisi isap. Selanjutnya fluida yang telah terisap terlempar keluar impeller akibat gaya sentrifugal yang dimiliki oleh fluida itu sendiri.

Dan selanjutnya ditampung oleh casing (rumah pompa) sebelum dikeluarkan kesisi tekan (discharge). Dalam hal ini ditinjau dari perubahan energi yang terjadi, yaitu: energi mekanis poros pompa diteruskan kesudu-sudu impeler, kemudian sudu tersebut memberikan gaya kinetik pada fluida.

Akibat gaya sentrifugal yang besar, fluida terlempar keluar mengisi rumah pompa dan didalam rumah pompa inilah energi kinetik fluida sebagian besar diubah menjadi energi tekan. Arah fluida masuk kedalam pompa sentrifugal dalam arah aksial dan keluar pompa dalam arah radial.

Pompa sentrifugal biasanya diproduksi untuk memenuhi kebutuhan head medium sampai tinggi dengan kapasitas aliran yang medium. Dalam aplikasinya pompa sentrifugal banyak digunakan untuk kebutuhan proses pengisian ketel dan pompa-pompa rumah tangga.

3. Pompa Aksial (Propeller)

Berputarnya impeller akan menghisap fluida yang dipompa dan menekannya kesisi tekan dalam arah aksial karena tolakan impeller.

Pompa aksial biasanya diproduksi untuk memenuhi kebutuhan head rendah dengan kapasitas aliran yang besar.

Dalam aplikasinya pompa aksial banyak digunakan untuk keperluan pengairan.

4. Pompa Aliran Campur (Mixed Flow Pump)

Head yang dihasilkan pada pompa jenis ini sebagian adalah disebabkan oleh gaya sentrifugal dan sebagian lagi oleh tolakan impeler.

Aliran buangnya sebagian radial dan sebagian lagi aksial, inilah sebabnya jenis pompa ini disebut pompa aliran campur.

5. Pompa Jenis Tubin

Juga disebut pompa Vorteks (Vortex), periperi (Periphery), dan regeneratif.

Baca juga  Gambar Pompa Sentrifugal dan Bagian Bagiannya

Cairan diputar oleh baling-baling impeller dengankecepatan tinggi selama hampir satu putaran didalam saluran yang berbentuk cincin(annular), tempat impeller tadi berputar.

Energi ditambahkan ke cairan dalam sejumlah impuls.

Macam Centrifugal Pump Menurut Posisi Porosnya

Menurut posisi porosnya pompa sentrifugal dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

6. Pompa sentrifugal vertikal

Jenis Pompa Sentrifugal

Pompa sentrifugal vertikal juga disebut sebagai pompa kantilever. Pompa ini menggunakan desain poros & perawatan eksklusif yang memungkinkan volume jatuh di dalam lubang.

Karena bantalannya berada di luar lubang. Jenis pompa ini tidak menggunakan wadah pengisian untuk menutup poros, tetapi sebagai gantinya menggunakan bus throttle.

7. Pompa sentrifugal horizontal

Jenis Pompa Sentrifugal 2

Pompa jenis ini minimal terdiri dari dua impeller. Masing-masing poros terdiri dari delapan bagian yang terpasang. Setiap bagian akan meningkatkan head pada fluida.

Baca juga: Rumus Pompa Sentrifugal [LENGKAP]

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang jenis pompa sentrifugal. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel pompa sentrifugal berikutnya.

Leave a Comment