Fungsi dari Mesin Telegraf Sebagai Alat Komunikasi

Apakah Anda sedang mencari fungsi Telegraf, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan jelaskan apa fungsi dari mesin Telegraf sebagai alat komunikasi yang kadang kita lihat di kapal.

fungsi telegraf

Fungsi Telegraf adalah untuk mengirimkan pesan tertulis jarak jauh tanpa menggunakan sarana transportasi fisik seperti pada surat menyurat, melainkan dengan kabel.telegraf menggunakan isyarat listrik dalam bentuk kode morse.

Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh, biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi. Kata “telegraf” yang sering didengar saat ini, secara umum merupakan telegraf elektrik. Telegraf diciptakan oleh seorang warga Amerika Serikat bernama Samuel F.B. Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain.

Pada Awal tahun 1830, telegraf elektrik berkembang dengan digunakannya tegangan listrik untuk mengontrol elektromagnet yang didengarkan pada ujung-ujung transmisi.

Keterbatasan teknologi saat itu adalah hasil pengiriman kode melalui kabel tidak dapat di print. Kemudian, telegraf elektrik dikembangkan dengan menggunakan elektromagnet receiver. Dengan elektromagnet receiver, kode morse dapat diterjemahkan kepada pendengarnya dalam bentuk tulisan.

Baca juga: Pengertian Telegraf [LENGKAP]

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Fungsi dari Mesin Telegraf Sebagai Alat Komunikasi. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel telegraf berikutnya.

Leave a Comment