Equinox (ekuinoks vernal): Pengertian, Fenomena dan Gejalanya

Apakah Anda sedang mencari pengertian equinox dan apa itu equinox, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan apa yang dimaksud dengan ekuinoks vernal beserta fenomena, gejala, dan kapan terjadinya.

Apa itu Equinox (ekuinoks vernal)?

Ekuinoks vernal (bahasa Inggris: vernal equinox) atau titik Musim Semi Matahari menandai dimulainya musim semi astronomis.

Titik ini tejadi sekitar tanggal 20 Maret di belahan bumi utara dan 23 September di belahan bumi selatan.

Sebaliknya, autumnal equinox atau titik Musim Gugur Matahari untuk belahan bumi utara dan selatan merupakan kebalikannya dari titik Musim Semi Matahari masing-masing. (menurut situs Wikipedia).

Equinox terjadi pada tanggal Selasa, 22 September 2020

Fenomena dan Gejala Equinox di Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meluruskan soal berita bahwa kemunculan fenomena equinox menyebabkan peningkatan suhu ekstrem yang bisa memicu sun stroke dan dehidrasi. BMKG menyatakan equinox merupakan fenomena biasa.

“Equinox bukan merupakan fenomena seperti gelombang panas atau heat wave yang terjadi di Eropa, Afrika, dan Amerika, yang merupakan kejadian peningkatan suhu udara ekstrem di luar kebiasaan dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono Rahadi Prabowo lewat keterangannya, Senin (25/3/2019).

Dia menjelaskan, equinox adalah salah satu fenomena astronomi, ketika matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yakni 21 Maret dan 23 September.

Saat fenomena ini berlangsung, matahari dengan bumi memiliki jarang paling dekat sehingga wilayah tropis di sekitar ekuator (khatulistiwa) mendapatkan penyinaran matahari maksimum. Namun fenomena ini tak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis atau ekstrem.

equinox

“Secara umum, diketahui rata-rata suhu maksimum di wilayah Indonesia berada dalam kisaran 32-36 derajat Celsius,” lanjut Prabowo.

Berdasarkan pengamatan BMKG, suhu maksimum tertinggi pada Sabtu (23/5) kemarin tercatat 37,6 derajat Celsius di Melulaboh, Aceh. BMKG mengimbau masyarakat agar tak khawatir terhadap dampak equinox seperti berita yang disebar dari pihak tak bertanggung jawab.

Secara umum, kondisi cuaca di wilayah Indonesia cenderung masih lembab/basah. Beberapa wilayah Indonesia saat ini sedang memasuki masa/periode transisi/pancaroba. Maka ada baiknya masyarakat tetap mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup panas dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan tetap menjaga kesehatan keluarga serta lingkungan.

Baca juga Ciri-Ciri Musim Semi (Spring)

Penutup

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Equinox (ekuinoks vernal). Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel ilmu berikutnya.

Sumber:

Leave a Comment