Akar Sorgum dapat digunakan sebagai?

Apakah Anda sedang mencari Akar Sorgum dapat digunakan sebagai, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

akar sorgum dapat digunakan sebagai

Akar Sorgum dapat digunakan sebagai jamu. Berdasar pengalaman empiris, akar sorgum dapat memperlancar peredaran darah. Akar cukup diseduh, lalu airnya diminum.

Sorgum juga bisa dijadikan produk lain yakni kerajinan tangan. Di antaranya hiasan pensil dan kotak perhiasan. Tangkai sorgum bisa jadi bahan bakunya. Bunga sorgum yang juga bisa dimanfaatkannya sebagai bunga kering untuk hiasan.

Sorgum adalah tanaman serealia yang mempunyai nilai nutrisi yang tinggi, seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor. disamping bisa digunakan untuk mengganti sebagai sumber pangan.

Disebutkan biji sorgum kaya akan nutrisi. Sorgum juga kaya kandungan niasin, thiamin, vitamin B6, juga zat besi, dan mangan. Bahkan, kandungan protein, vitamin, dan mineralnya lebih tinggi daripada beras. Secara keseluruhan, nutrisi sorgum mirip dengan nutrisi havermut yang banyak ditemukan pada oatmeal. Dibanding nasi alias beras, sorgum diklaim jauh lebih unggul dalam hal nilai gizi.

Data Departemen Kesehatan RI mencatat bahwa sorgum memiliki kandungan protein, kalsium, zat besi, fosfor, dan vitamin B1 yang lebih tinggi dibanding beras. Sorgum juga diklaim baik dikonsumsi penyandang diabetes lantaran kandungan gulanya yang rendah. Bagi mereka yang tengah melakoni diet, sorgum juga bisa jadi kawan bersantap yang ideal.

Perut terasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi. Nilai proteinnya 11 g per 100 g, jauh lebih oke ketimbang beras dan jagung yang hanya 6,8 g dan 8,7 g. Begitu juga dengan kalsium dan karbohidratnya, masing-masing mencapai 28 mg dan 73 g per 100g. Selain itu, diketahui sorgum juga kaya serat dan mengandung gluten rendah.

          Biji sorgum dapat dibuat tepung sebagai bahan dasar pembuatan penganan. Bahkan setelah dikupas kulitnya, biji sorgum dapat langsung ditanak layaknya beras dan dikonsumsi.

Dengan segala kelebihannya, tanaman yang juga dikenal dengan nama hermada ini menjadi alternatif potensial sumber pangan. Cara membuat tepung sorgum yakni kupas kulitnya, lalu biji sorgum kering digiling. Sedangkan untuk beras sorgum, cara pembuatannya lebih sederhana. Setelah dikupas kulitnya, bisa langsung ditanak.

          Jenis sorgum untuk pakan ternak, bisa merupakan hijauan yang telah dipotong potong ataupun yang sudah diawetkan dalam silase atau hay. tanaman sorgum ini memiliki nilai protein dan menghasilkan hijauan yang hampir sama dengan tanaman jagung. Batangnya adalah lumbung bioetanol dan bahan pembuat kertas.

Batang yang masih muda bisa dibuat sirup, karena rasanya manis. Caranya, kupas kulit batang yang masih muda dan diambil bagian dalamnya. Sementara sebagai serat, tanaman bernama latin Sorghum bicolor ini bisa difungsikan sebagai bahan baku industri kertas dan papan partikel meja atau dinding. Sebagai pupuk, semua bagian sorgum diketahui bisa digunakan sebagai bahan pupuk organik.

Baca juga Jenis Jenis Serealia dan Manfaatnya [LENGKAP]

Demikian yang dapat Teknik bagikan, tentang Akar Sorgum dapat digunakan sebagai. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Don`t copy text!