Berdasarkan sumbernya limbah dapat dikelompokkan menjadi berapa bagian? sebutkan

Apakah Anda sedang mencari berdasarkan sumbernya limbah dapat dikelompokkan menjadi berapa bagian? sebutkan, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Berdasarkan sumbernya limbah dapat dikelompokkan menjadi berapa bagian sebutkan

Soal: berdasarkan sumbernya limbah dapat dikelompokkan menjadi berapa bagian? sebutkan

Jawaban: Berdasarkan sumbernya, limbah dikelompokkan menjadi limbah pemukiman, limbah industry, limbah pertanian dan limbah medis.

Penjelasan:

Berdasarkan sumbernya, limbah dikelompokkan menjadi beberapa kelompok antara lain sebagai berikut:

1. Limbah Pemukiman

Limbah pemukiman disebut juga limbah rumah tangga atau limbah domestik. Limbah rumah tangga merupakan limbah yang berasal dari kegiatan di dapur, kamar mandi, air cucian, dan kotoran manusia. Limbah rumah tangga misalnya air bekas cucian baju yang mengandung deterjen dapat menyebabkan terjadinya eutrofikasi.

Kandungan pospat dan nitrogen pada detergen akan membuat perairan seperti sungai dan danau mengalami peledakan jumlah alga dan enceng gondok. Sebagai akibatnya, kadar oksigen di perairan akan terus berkurang dan akhirnya ikan serta hewan air lainnya akan mati kekurangan oksigen.

Efek lanjutan dari eutrofikasi yaitu terjadinya pembusukan oleh bakteri anaerob sehingga perairan menjadi baud an selanjutnya akan terjadi pendangkalan sungai atau danau. Limbah rumah tangga berupa barang-barang anorganik seperti plastic, botol kaca serta logam juga sulit untuk terurai oleh bakteri akan mengakibatkan permasalahn baru yanitu penumpukan sampah yang perlu penanganan lebih lanjut.

Sebaiknya untuk sampah anorganik ini perlu proses daur ulang agar tidak mencemari tanah karena sampah ini hanya akan tertimbun tanah dalam jangka waktu yang sangat lama dan dapat menurunkan kesuburan tanah.

2. Limbah Industri

Limbah industri meliputi limbah industri pangan dan limbah industri kimia dari bahan bangunan serta limbah industry logam dan elektronika. Limbah industri pangan mengandung karbohidrat, protein lemak, garam-garam, mineral, dan sisa bahan kimia yang  digunakan selama proses pengolahan dan pembersihan.

Contohnya limbah yang berasal dari industri tahu, tempe, dan pengolahan ikan. Limbah industry bahan bangunan dan industry kimia menyisakan limbah cair dalam jumlah besar. Selain limbah cair dihasilkan, limbah padat yang berupa   endapan zat kimia dan gas buangan yang kadang mengandung alkohol.

Limbah tersebut tergolong limbah B3 (Bahan Beracun Berbahaya). Industri logam misalnya pada industri baja, tidak menggunakan zat-zat kimia yang limbahnya berbahaya bagi kesehatan.  

3. Limbah Pertanian

Limbah pertanian terutama berasal dari kegiatan pemupukan dan pemberantasan hama.Pemupukan dengan pupuk kimia seharusnya berfungsi untuk menyuburkan tanah. Tetapi, penggunaan pupuk kimia dengan jumlah yang berlebihan akan mengakibatkan pertumbuhan gulma yang semakin cepat.

Pestisida berupa bahan-bahan kimia beracun yang digunakan untuk membunuh hama  yang mengganggu pertumbuhan tanaman. Pemberian pestisida kimia mengakibatkan terakumulasinya zat kimia pada tanaman pertanian misalnya sayuran dan buah yang dapat membahayakan pengkonsumsinya

4. Limbah Pertambangan

Pada proses penambangan misalnya pada pertambangan emas dan perak, diperlukan air raksa atau mercury untuk memisahkan logam emas dan perak dari batu-batuan dan tanah.  

5. Limbah Pariwisata

Kegiatan wisata menimbulkan limbah yang berasal dari sarana transportasi yang membuang limbah ke udara, dan adanya tumpahan minyak dan oli yang dibuang oleh kapal atau perahu motor didaerah wisata bahari serta sampah sisa botol minuman serta makanan.

6. Limbah Medis

Limbah yang berasal dari aktivitas pada tempat kesehatan medis misalnya sisa obat,alat suntik dan botol infuse dan lain sebagainya. Tetapi ada beberapa jenis limbah medis yang memerlukan penanganan secara khusus, dan memerlukan biaya yang cukup mahal.

Misalnya limbah yang berpotensi untuk menimbulkan penularan penyakit, maka perlu cara khusus untuk mengatasinya yaitu dengan non-insinerator sehingga mampu mendisinfeksi limbah medis.

Baca juga : Sebutkan 6 teknik kerajinan dari kertas

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang berdasarkan sumbernya limbah dapat dikelompokkan menjadi berapa bagian? sebutkan. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel ipa berikutnya.

Don`t copy text!