Apa ciri-ciri hewan vertebrata

Apakah Anda sedang mencari apa ciri-ciri hewan vertebrata, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Apa ciri-ciri hewan vertebrata

Soal: apa ciri-ciri hewan vertebrata

Jawaban:
1. Tubuh terdiri dari kepala, badan, dan 2 pasang alat gerak. Beberapa species mempunyai ekor
2. Sistem pencernaan memanjang dari mulut hingga anus, dilengkapi dengan kelenjar pencernaan
3. Sistem peredaran darah tertutup
4. Alat ekskresi berupa ginjal
5. Alat pernafasan berupa paru-paru, kulit, atau insang
6. Sepasang alat reproduksi di kanan dan di kiri
7. Sistem endokrin berfungsi menghasilkan hormon
8. Sistem saraf terdiri dari sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) dan sistem saraf tepi (serabut saraf)
9. Sistem peredaran darah terdiri dari jantung, dan sel-sel dara
10. Sistem gerak terdiri dari rangka sebagai alat gerak pasif dan otot sebagai alat gerak.

Penjelasan:

Hewan vertebrata adalah jenis hewan yang memiliki tulang belakang pada tubuhnya. Fungsi dari tulang belakang tersebut adalah untuk menopang tubuh hewan tersebut dan melindungi sumsum tulang belakang serta menghubungkannya pada sistem saraf. Selain itu, hewan vertebrata juga memiliki tengkorak untuk melindungi otak mereka.

Hewan vertebrata dapat dikelompokkan menjadi lima jenis. Pengelompokan ini dibagi berdasarkan penutup tubuh, alat gerak, dan cara berkembangbiak. Berikut klasifikasi hewan vertebrata selengkapnya.

1.    Hewan Menyusui (Mamalia)

Pada kulit mamalia, terdapat kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Mamalia bernapas dengan paru-paru dan mempunyai diafragma untuk membantunya bernapas. Perkembangan otak mamalia merupakan yang paling sempurna dibandingkan dengan jenis hewan lainnya. Bayi mamalia mendapatkan nutrisi dari susu yang dihasilkan oleh induknya.

2.    Ikan (Pisces)

Tempat hidup ikan dapat dibedakan antara di air tawar, payau, dan air laut. Ikan bernapas dengan insang dan bergerak dengan menggunakan sirip serta ekor. Ikan memiliki sisik yang berlendir untuk memudahkan pergerakan serta memiliki gurat sisik yang berfungsi untuk mengetahui tekanan air.

3.    Burung (Aves)

Burung memiliki darah panas. Pembuahan terjadi di dalam tubuh sang induk dan berkembangbiak dengan bertelur. Burung bernapas menggunakan paru-paru dan memiliki alat tambahan berupa pundi-pundi udara sebagai tempat cadangan udara pernapasan di saat terbang jauh.

4.    Hewan Melata (Reptilia)

Reptil bergerak menggunakan perut atau kaki serta bernafas menggunakan paru-paru. Reptil memiliki kulit keras, kering, dan bersisik yang terbuat dari zat keratin. Pembuahan terjadi di dalam tubuh induknya yang menghasilkan telur bercangkang.

5.    Katak (Amphibia)

Katak bergerak menggunakan dua pasang kaki yang memiliki selaput lendir untuk berenang. Kulit katak selalu dalam keadaan basah karena mengandung pembuluh darah yang dapat membantu berdifusi melalui kulit.

Baca juga : Berdasarkan struktur tubuhnya, hewan dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang apa ciri-ciri hewan vertebrata. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel ipa berikutnya.

Don`t copy text!