Sebutkan pengelompokan materi berdasarkan komponen penyusunnya

Apakah Anda sedang mencari sebutkan pengelompokan materi berdasarkan komponen penyusunnya, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

sebutkan pengelompokan materi berdasarkan komponen penyusunnya

Soal: sebutkan pengelompokan materi berdasarkan komponen penyusunnya

Jawaban:

  1. Zat murni
  2. Zat campuran

Pembahasan:

  1. Zat murni

Zat murni adalah materi yang bersifat tunggal dan homogen (terdiri dari satu jenis materi). Zat murni dapat berupa unsur dan senyawa. Pada kelompok zat murni, antara zat satu dengan zat lainnya bisa dibedakan dari penampilannya, baunya, atau rasanya. Saat ini sudah terdapat 13 juta zat dan jumlah terus bertambah. Contoh dari zat murni ini yaitu etanol, garam dapur, perak.

Unsur ialah zat murni yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia. Unsur dibagi menjadi dua yaitu unsur alam dan unsur sintetis. Unsur alam contohnya yaitu karbon, oksigen, besi, emas, dan tembaga. Unsur sintetis contohnya yaitu amerisium dan einsteinium. Dan untuk mempelajari unsur ada tabel periodik unsur.

Sedangkan, senyawa merupakan gabungan dua unsur atau lebih yang masih bisa diuraikan menjadi zat-zat penyusunnya dengan reaksi kimia. Contohnya yaitu air, gula, garam, bensin dan karbondioksida.

2. Zat campuran

Zat campuran adalah materi yang terdiri dari dua zat atau lebih yang masih mempunyai sifat zat asal. Zat campuran ini dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu campuran homogen dan campuran heterogen. Campuran homogen yaitu campuran yang tidak dapat dibedakan zat-zat yang tercampur di dalamnya. Contohnya yaitu larutan garam, larutan sirup, larutan gula. Sedangkan, campuran heterogen yaitu campuran yang penyusunnya mudah dibedakan. Contohnya yaitu batuan granit, beton cor, sayur sup.

Baca juga: Sebutkan pengelompokan materi berdasarkan wujud dan komposisinya

Demikian yang dapat teknik area bagikan, tentang sebutkan pengelompokan materi berdasarkan komponen penyusunnya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikare.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel biologi berikutnya.