Sebutkan pengelompokan materi berdasarkan wujud dan komposisinya

Apakah Anda sedang mencari sebutkan pengelompokan materi berdasarkan wujud dan komposisinya, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

sebutkan pengelompokan materi berdasarkan wujud dan komposisinya

Soal: sebutkan pengelompokan materi berdasarkan wujud dan komposisinya

Jawaban:

  • Materi
  • Zat dan campuran
  • Unsur dan senyawa

Pembahasan:

  • Materi adalah segala sesuatu yang ada menempati ruang dan memiliki masa disebut materi. Materi yang dimaksud bukan materi ajar ataupun materi perkuliahan. Ini merupakan hal yang berbeda. Materi yang dimaksud adalah sesuatu yang tidak dapat disentuh seperti oksigen dan yang dapat disentuh seperti garam, air, beras dan berbagai materi lainnya. Semua materi yang tak dapat disentuh ataupun yang disentuh memiliki hubungan yang dekat dengan kimia. Oleh karena itu, para ilmuan kimia membagi materi berdasarkan komposisi dan sifatnya yaitu: zat, campuran, unsur dan senyawa serta atom dan molekul.
  • Materi dapat dikategorikan sebagai sebuah zat ketika memiliki komposisi penyusun yang tetap dan pasti dari penyusun-penyusun yang berbeda. Gula dengan manisnya, air dengan wujud cairnya, emas dengan kilatnya memiliki perbedaan komposisi yang dapat diidentifikasi dari bau, rasa, warna dan berbagai sifat lainnya.
  • Berbeda dengan zat, campuran adalah gabungan dari beberapa dengan memiliki sifat yang berbeda namun zat bergabung tetap pada sifat zat itu sendiri dengan tidak ada komposisi yang tetap dari gabungan tersebut. Contoh dari campuran yaitu pada udara. Udara yang ada ada daerah perkotaan memiliki kandungan karbon dioksida yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di pedesaan. Begitu juga dengan oksigen. Oksigen yang berada di daerah perbukitan memiliki kadar yang berbeda dibandingkan dengan yang ada di daerah pantai. Sehingga campuran antara udara khususnya oksigen dan karbon dioksida memiliki perbandingan yang tidak konstan.
  • Penyusun dari zat yang dijelaskan berasal dari unsur dan senyawa. Unsur adalah segala zat yang ada dalam tabel periodik yang tidak bisa dipisahkan lagi secara kimia. Terhitung sejak Desember 2015, telah ditemukan dan disahkan oleh IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry) bahwa unsur dalam sistem periodik telah genap berjumlah 118 unsur sehingga orbital 5p6 telah terisi penuh seluruhnya. Ke 118 unsur yang ada di tabel periodik inilah yang disebut dengan unsur. Unsur-unsur ini dapat ditemukan di alam dan juga ditemukan dari proses nuklir.
  • Senyawa merupakan gabungan dari beberapa unsur yang berinteraksi satu sama lain yang memiliki sifat yang berbeda dari unsur penyusunnya. Gas hidrogen ketika dibakar atau berinteraksi dengan air akan membentuk hidrogen dioksida atau yang lebih dikenal dengan air. Sifat air sangat berbeda dibandingkan dengan sifat unsur hidrogen ataupun oksigen. Senyawa seperti air dimanapun berada, baik di Pantai Carocok, Pesisir Selatan, Pantai Gandoriah Pariaman, Sungai Indragiri ataupun di Danau Maninjau memiliki dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.  Berbeda dengan campuran, semua senyawa termasuk air tidak bisa dipisahkan secara fisika, namun dapat dipisahkan secara kimia sehingga menjadi unsur penyusunnya. Tapi, satu hal yang saya tahu adalah air kopi buatan istri memang tidak ada duanya.

Baca juga: Sebutkan 3 macam materi berdasarkan wujudnya

Demikian yang dapat teknik area bagikan, tentang sebutkan pengelompokan materi berdasarkan wujud dan komposisinya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel kimia berikutnya.

Don`t copy text!