Sebutkan kandungan dan manfaat jagung

Apakah Anda sedang mencari sebutkan kandungan dan manfaat jagung, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Sebutkan kandungan dan manfaat jagung

Soal: sebutkan kandungan dan manfaat jagung

Jawaban:
1. Tinggi karbohidrat, berguna sebagai sumber energi
2. Kandungan serat di dalamnya baik untuk pencernaan
3. Kaya protein, baik untuk pembentukan tulang dan otot
4. Vitamin pada jagung dapat membantu menurunkan kolesterol LDL
5. Jagung memiliki sifat antikanker

Penjelasan:

Jagung adalah salah satu jenis sayuran yang sering diolah menjadi berbagai jenis masakan. Tektur jagung yang renyah dan rasanya yang manis serta gurih membuat jagung banyak disukai. Bahkan, di baberapa daerah jagung dijadikan sebagai makanan pokok. Tetapi, selain enak dan mudah diolah, jagung juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. 

Ini manfaat dan kandungan jagung yang baik untuk kesehatan

1. Tinggi karbohidrat, berguna sebagai sumber energi

Karbohidrat adalah salah satu faktor penting sebagai sumber energi harian. Untuk mendapatkan asupan karbohidrat kamu bisa mengonsumsi jagung. Tumbuhan dengan nama Latin Zea mays ini memiliki kandungan karbihidrat yang cukup tinggi. Rata-rata satu batang jagung mengandung 10 – 15% karbohidrat, jumlahnya berbeda-beda tergantung dengan jenis jagung.

Jenis karbohidrat yang terdapat di dalam jagung adalah karbohidrat kompleks sehingga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu, ketika mengonsumsi jagung, energi yang didapatkan pun cenderung lebih stabil.

2. Kandungan serat di dalamnya baik untuk pencernaan

Tidak hanya tinggi karbohidrat, jagung juga kaya akan kandungan serat. Di dalam jagung terdapat dua jenis serat, yaitu serat larut dan tidak larut. Kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan penceraan. Serat larut yang ada pada jangung mampu menutup penyerapan kolesterol.

Selain itu, mengonsumsi jagung juga dapat melancarkan buang air besar, mencegah masalah sembelit, wasih, hingga mengurangi  resiko penyakit kanker usus.

3. Kaya protein, baik untuk pembentukan tulang dan otot

Pembentukan otot dan tulang yang kuat sangat dipengaruhi oleh asupan protein. Jagung juga merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung protein. Selain itu, jagung juga mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor.

Semua kandungan tadi sangat diperlukan untuk kesehatan tulang. Terpenuhinya kebutuhan protein dan ketiga zat tadi sangat diperlukan untuk mencegah kerusakan atau tulang retak saat tua nanti.

4. Vitamin pada jagung dapat membantu menurunkan kolesterol LDL

Jagung memiliki kandungan vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid. Tiga kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi jagung secara rutin dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah. Tidak hanya itu, kandungan di dalam jagung juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol di dalam tubuh.

5. Jagung memiliki sifat antikanker

Kanker adalah salah satu menyakit yang mematikan. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang sehat dan memiliki sifat antikanker seperti jagung. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang ada di dalam jangung dapat berguna untuk melawan kanker.

Baca juga : Sebutkan 6 proses pengolahan bahan limbah lunak yang dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan mesin

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang sebutkan kandungan dan manfaat jagung. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel biologi berikutnya.