Sebutkan contoh perubahan bentuk benda akibat gaya

Apakah Anda sedang mencari sebutkan contoh perubahan bentuk benda akibat gaya, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

sebutkan contoh perubahan bentuk benda akibat gaya

Soal: sebutkan contoh perubahan bentuk benda akibat gaya

Jawaban:

  • Kaleng minuman kosong menjadi penyok setelah diinjak.
  • Mobil menjadi penyok setelah tertabrak.
  • Plastisin berubah bentuk setelah ditekan.

Pembahasan:

Peristiwa gerakan benda berhubungan erat dengan gaya. Ini karena gaya memiliki pengaruh besar untuk menggerakkan suatu benda. Tanpa campur tangan gaya, suatu benda tidak akan bisa berpindah tempat, bergerak atau berhenti.

Melansir ThoughtCo, gaya dalam ilmu sains diartikan sebagai dorongan atau tarikan yang menyebabkan suatu benda bermassa mengalami perubahan percepatan. Dengan kata lain, gaya mampu mempengaruhi suatu benda, mulai dari mengubah posisi hingga bentuknya.Sejatinya, gaya terbagi menjadi dua jenis yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Gaya sentuh terdiri dari gaya otot, gesek dan pegas. Sedangkan, gaya tak sentuh terdiri dari gaya gravitasi bumi dan magnet.

Baca juga: Buktikan bahwa gaya dapat mengubah arah gerak benda

Demikian yang dapat teknik area bagikan, tentang sebutkan contoh perubahan bentuk benda akibat gaya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel fisika berikutnya.

Don`t copy text!