Sebutkan bahan baku produk kerajinan dilihat dari kondisi wilayahnya beserta contohnya masing-masing 2 macam

Apakah Anda sedang mencari sebutkan bahan baku produk kerajinan dilihat dari kondisi wilayahnya beserta contohnya masing-masing 2 macam, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

sebutkan bahan baku produk kerajinan dilihat dari kondisi wilayahnya beserta contohnya masing-masing 2 macam

Soal: sebutkan bahan baku produk kerajinan dilihat dari kondisi wilayahnya beserta contohnya masing-masing 2 macam

Jawaban:
1. daerah pesisir pantai :sisik ikan, tempurung kelapa
2. daerah pegunungan :padi, kulit jagung, singkong, kulit gabah
3. daerah Pertanian :jerami padi,kulit jagung,batang daun singkong,kulit bawang,kulit gabah,ranting pohon,kulit jahe,dan kulit pepaya
4. daerah perkotaan. :kertas kardus,kulit telur, kayu

Penjelasan:

Berikut merupakan penggolongan hasil limbah organik dilihat dari kondisi wilayahnya:

1. Daerah Pesisir Pantai/Laut

Di daerah pesisir pantai atau laut banyak tersedia limbah organik seperti, cangkang kerang laut, sisik ikan, tulang ikan, tempurung kelapa, atau sabut kelapa. Limbah-limbah tersebut bisa diolah menjadi berbagai kerajinan seperti hiasan dinding, kalung, gelang dan lain sebagainya.

2. Daerah Pegunungan

Limbah organik yang dihasilkan di daerah pegunungan seperti kulit buah-buahan yang bertekstur keras seperti salak, durian, atau kulit pete cina. Pengolahan limbah tersebut bisa dibuat kerajinan seperti tas atau barang hiasan.

3. Daerah Pertanian

Di daerah pertanian banyak terdapat limbah seperti jerami padi, kulit jagung, batang daun singkong, atau kulit bawang. Limbah jerami memiliki banyak manfaat, bisa untuk kerajinan atau bahan bangunan (atap, lantai atau dinding).

4. Daerah Perkotaan

Di daerah perkotaan limbah organik yang dihasilkan seperti kertas, kardus, kulit kacang, kulit telur, kayu, serbuk gergaji, atau serutan kayu. Limbah kertas bisa disulap menjadi kerajinan unik yang memiliki nilai jual tinggi. 

Baca juga : Jelaskan prinsip-prinsip pengolahan sampah yang dikenal dengan nama 3R

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang sebutkan bahan baku produk kerajinan dilihat dari kondisi wilayahnya beserta contohnya masing-masing 2 macam. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel ipa berikutnya.

Don`t copy text!