Mengapa budaya Indonesia sangat beraneka ragam

Dibawah ini kami akan jelaskan mengapa budaya Indonesia sangat beraneka ragam.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Budaya Indonesia sangat beranekaragam karena “Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dan agama, serta lokasi Indonesia yang strategis membuat banyaknya budaya asing yang masuk dan mempengaruhi budaya Indonesia.”

Mengapa budaya Indonesia sangat beraneka ragam

Indonesia adalah negara yang majemuk atau beraneka ragam suku, bangsa dan agamanya.

Keanekaragaman suku, bangsa dan agama ini berpengaruh akan banyaknya variasi budaya.

Setiap suku di Indonesia memiliki adat budaya tersendiri. Misalnya suku Minang memiliki adat rumah Gadang, suku Toraja memiliki rumah adat Tongkonan dan suku Jawa memiliki rumah adat Joglo.

Keberagaman budaya yang disebabkan banyaknya suku bangsa juga bisa di lihat di baju adat, bahasa, masakan tradisional dan bentuk kesenian yang berbeda tiap suku.

Selain suku bangsa, perbedaan agama juga mempengaruhi perbedaan budaya. Misalnya perbedaan antara ritual dan baju yang dipakai oleh suku bangsa jawa yang beragama Kristen dan Hindu dengan suku Jawa yang beragama Islam. Meski suku bangsa sama, perbedaan agama membuat adanya perbedaan budaya yang kentara.

Selain karena keaneka ragaman suku bangsa dan agama, keaneka ragaman budaya juga bisa diakibatkan karena masuknya budaya asing. Misalnya budaya China dan India yang dibawa pedagang kedua negara ini sejak masa kerajaan Hindu-Buddha, karena lokasi strategis Indonesia di jalur perdagangan dunia

Baca juga Bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia

Don`t copy text!