Mengapa benda yang bergerak dapat berubah arah

Apakah Anda sedang mencari mengapa benda yang bergerak dapat berubah arah, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

mengapa benda yang bergerak dapat berubah arah

Soal: mengapa benda yang bergerak dapat berubah arah

Jawaban: selama masih bergerak maka akan terus berubah arah dan karena adanya gaya.

Penjelasan:

  • Gaya menyebabkan benda diam menjadi bergerak
  • Gaya menyebabkan benda bergerak menjadi diam
  • Gaya dapat menyebabkan benda berubah arah
  • Gaya dapat menyebabkan benda bergerak lebih cepat
  • Gaya dapat merubah bentuk benda

1. Gaya pada benda yang diam Pada gaya ini terjadi saat ada dorongan suatu yang dilakukan secara berlawanan dengan kekuatan yang sama. Maka masing-masing benda mengeluarkan gaya. Tapi karena arah gayanya saling berlawanan maka, total gayanya jadi mengecil atau saling menghilangkan.

2. Gaya pada benda bergerak Pada gaya ini saat kedua orang melakukan dorongan suatu benda bersama-sama, maka posisi benda dapat bergeser. Saat itulah terjadi gerak yang diakibatkan oleh lebih dari satu gaya. Gaya pada benda menjadi saling menguatkan, sehingga gaya yang dihasilkan menjadi lebih besar. Gaya-gaya yang searah akan memperbesar gaya total.

3. Gaya pada benda yang menyebabkan perubahan arah gerak Saat seseorang mengendarai sepeda kemudian membelokan arah gerakannya. Itu terjadi adanya suatu gaya tarik dan gaya otot yang membelokkan stang sepeda. Pada saat bermain bola dapat mengubah arah bola yang disebabkan oleh tendangan, lemparan, atau pukulan dari pemain. Maka pemain memberikan gaya pada bola yang menyebabkan bola tersebut berubah arah. Maka di sini gaya berperan untuk mengubah arah dari benda yang bergerak.

Baca juga: Sebutkan contoh perubahan gerak benda karena diberi gaya yang lebih besar

Demikian yang dapat teknik area bagikan, tentang mengapa benda yang bergerak dapat berubah arah. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel fisika berikutnya.

Don`t copy text!