Benua di sebelah selatan Eropa

Benua yang terletak di selatan benua Eropa adalah benua Afrika.

benua di sebelah selatan eropa
benua di sebelah selatan eropa

Pembahasan Lengkap:

Benua Eropa adalah salah satu benua di Bumi, dan merupakan benua dengan luas terkecil di antara benua-benua lainnya.

Di barat benua Eropa ini berbatasan dengan Samudera Atlantik, sementara di utara benua Eropa berbatasan dengan Samudera Arktik di Kutub Utara.

Di timur benua Eropa ini terhubung dengan benua Asia, melalui Pegunungan Ural.

Di selatan, benua Eropa dipisahkan dengan benua Afrika melalui Laut Tengah (Laut Mediterrania), dan berbagai selat seperti Selat Gibraltar (antara Spanyol di Eropa dan Maroko di Afrika) dan Selat Sisilia (antara Italia di Eropa dan Tunisia di Afrika).

Lokasi berdekatan ini menyebabkan banyak perpindahan dan invasi antara kedua benua.

Misalnya bangsa Arab dan Berber menaklukkan Spanyol pada tahun 711-1492 M, sementara bangsa Perancis menaklukkan Algeria dan Tunisia pada tahun 1830-1962, sedangkan Italia menduduki Libya pada tahun 1911-1945.

Wilayah Afrika yang dekat dengan benua Eropa adalah Afrika Utara, yang didominasi Gurun Sahara, padang pasir terluas di dunia.

Dengan lokasi ini, Eropa dipengaurhi angin dan udara hangat dari Afrika. Angin dari gurun Sahara ini disebut dengan “Angin Sirocco”, yang bertiup hingga 100 km/jam, paling umum selama musim gugur dan musim semi.

Baca juga Alasan seseorang melakukan sesuatu

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang benua di sebelah selatan eropa. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Leave a Comment