Tempat berakhirnya aliran sungai di laut

Tempat berakhirnya aliran sungai di laut adalah muara atau hilir.

tempat berakhirnya aliran sungai di laut
tempat berakhirnya aliran sungai di laut

Penjelasan Lengkap:

Pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama menjawab sebuah kajian dari pelajaran geografi dengan tema aliran sungai.

  • Sungai merupakan sebuah aliran air yang memanjang dari tempat keluarnya air atau hulu hingga berakhirnya aliran air atau hilir. Sungai memiliki sumber air yang bermacam-macam yaitu mulai dari mata air hingga air dari rumah tangga. Namun kebanyakan sumber air sungai adalah berasal dari mata air hutan-hutan yang menyatu dan bertemu sehingga membentuk sungai.
  • Muara atau hilir sendiri sebenarnya tidak hanya mempertemukan antara sungai dengan laut namun juga mempertemukan antara sungai dengan bentukan lahan lain seperti danau, waduk, atau bahkan ketika air sungai itu bertemu dengan sungai yang lebih besar lagi disebut juga dengan muara sungai. Banyak sekali sungai-sungai besar di Indonesia seperti sungai Serayu di Jawa Tengah, Sungai Bengawan Solo di Jawa Tengah hingga Jawa Timur, Sungai Kapuas di Kalimantan Barat dan masih banyak lagi yang dimana sungai itu merupakan sungai yang besar. Sungai yang besar ini berasal dari sungai-sungai yang lebih kecil yang menyatu yang kemudian bermuara di laut.

Baca juga Benua di sebelah selatan Eropa

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang tempat berakhirnya aliran sungai di laut, jawabannya muara atau hilir. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Leave a Comment