Apa yang dimaksud istinja

Apakah Anda sedang mencari apa yang dimaksud istinja, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Apa yang dimaksud istinja

Apa yang dimaksud istinja

Jawaban:

Istinja’ adalah mensucikan atau membersihkan kotoran yang sudah keluar dari qubul atau bisa juga diartikan membersihkan kotoran setelah buang air kecil atau besar.

Penjelasan:

Istinja’ adalah mensucikan atau membersihkan kotoran yang sudah keluar dari qubul atau bisa juga diartikan membersihkan kotoran setelah buang air kecil atau besar. Istinja’ ini hukumnya wajib dilakukan bila seseorang sudah mengeluarkan kotoran dari qubul.

Apakah kalian tahu bagaimana cara melakukan istinja:

1. Dengan menggunakan tangan kiri

Hukum menggunakan tangan kiri saat istinja’ ini sunnah, sedangkan tangan kanan saat istinja’ makruh. Tetapi, alangkah baiknya kita saat istinja’ menggunakan tangan kiri, karena jika menggunakan tangan kanan kurang baik sebab tangan kanan digunakan untuk berbagai macam hal (seperti makan, minum, menulis, memegang benda, dll).

2. Dengan cara Istitar

Istitar memiliki arti bersembunyi. Jadi, ketika melakukan istinja’ tidak boleh terlihat atau diketahui oleh orang lain. Walaupun diketahui suara saja oleh orang lain itu tetap tidak boleh, karena kita harus melakukannya dengan sembunyi.

3. Tidak menyebut nama Allah

Karena ketika kita membuang kotoran ini tidak patut atau tidak sopan ketika menyebut nama Allah. Sehingga, dianjurkan untuk tidak menyebut nama Allah ketika beristinja’. Akan tetapi, hukumnya makruh baik diucapkan secara lisan ataupun di dalam hati.

4. Tidak menghadap kiblat

Apabila beristinja’ menghadap kiblat ini tidak patut, karena arah kiblat ini untuk tempat ibadah terutama sholat. Jadi, alangkah baiknya saat beristinja’ arahnya tidak menghadap kiblat.

5. Tidak berbicara

Saat berbicara ketika beristinja’ tidak diperkenankan, tapi ada juga yang menyatakan bahwa hukumnya makruh. Karena ada dalam sebuah hadis yang menyatakan bila berbicara saat buang kotoran maka Allah akan murka.

—————-#—————-

Baca juga Sebutkan tata cara wudhu yang benar

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang apa yang dimaksud istinja. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel agama berikutnya. Dapatkan informasi-informasi menarik mengenai hosting terbaik, jasa pembuatan website dan website, Software VPN terbaik, tempat wisata favorit, jasa iklan google, harbolnas, HP Terbaik 2 jutaan, tips investasi emas, tips investasi pada forex tanpa trading, suransi mobil, dan Indonesia culture.

Don`t copy text!