Sebutkan ciri khas yang dimiliki pondok pesantren

Apakah Anda sedang mencari Sebutkan ciri khas yang dimiliki pondok pesantren, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

sebutkan ciri khas pondok pesantren

soal: Sebutkan ciri khas yang dimiliki pondok pesantren

jawaban:

Pesantren yang merupakan bapak dari pendidikan Islam di Indonesia didirikan kerena adanya tuntunan dan kebutuhan zaman, hal ini bila dilihat dalam perjalanan sejarah sesungguhnya pesantren dilahirkan atas dasar kewajiban dakwah Islamiyah yakni mengajarkan dan mengembangkan ajaran Islam sekaligus mencetak kader-kader ulama atau dai.

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang bercirikan ke-Islam-an dan ke-Indonesia-an. Pesantren yang dikenal luas dalam kehidupan masyarakat Indonesia, telah menjadi daya tarik para peneliti dari manca negara. Keberadaan pesantren dalam kehidupan masyarakat Indonesia seiring dengan kehadiran agama Islam.

Eksistensi pesantren dalam kehidupan masyarkat Indonesia menjadi titik perhatian utama dari kajian para ahli. Hal ini disebabkan pesantren jika dibandingkan dengan beberapa lembaga pendidikan, lembaga sosial dan lembaga kemasyarakatan dan lembaga keagamaan lainnya memiliki karakteristik tersendiri.

Menurut Muhaimin dan Abdul Mujib, pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki ciri khas sebagai berikut:

  • Lembaga pendidikan pesantren melaksanakan pendidikan terpadu, yaitu untuk kematangan teoritif-intuitif, sikap dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari,
  • Tujuan pendidikan pesantren sekarang tidak lagi hanya orientasi duniawi (mondial) dan sementara (temporer), tetapi sampai pada alam ukhrawi,
  • Hubungan individu dan masyarakat, antara pimpinan dan rakyat, dan antara klien dan konsultan dan sebagainya,
  • Pondok pesantren merupakan wahana yang menyediakan fasilitas yang interaktif, di smping itu, pesantren merupakan agen konservasi (pengawetan), pendalaman, pengembangan, pemurnian nilai adabi dan budaya yang merupakan pusat pelaksanaan proses akulturasi yang menggunakan pola dan sistem tersendiri.

Kiai dan para santri dalam pesantren memiliki peran yang sangat besar, terutama dalam upaya akulturasi budaya Islam dengan budaya masyarakatnya. Hal inilah merupakan salah satu faktor utama sehingga kehadiran Islam di Indonesia mudah diterima oleh masyarakat. Kiai dan para santri merupakan elemen yang ada dalam lembaga pendidikan Islam yang disebut pesantren.

Menurut Mukti Ali yang dikemukakan oleh Imam Bawani, mengatakan bahwa dalam lembaga pendidikan Islam yang disebut pesantren, sekurang-kurangnya ada unsur-unsur: Kiai yang mengajar dan mendidik, santri yang belajar dari kiai, masjid sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan, shalat berjama’ah dan sebagainya, serta pondok atau asrama tempat tingggal para santri.

Pondok, masjid, santri, pengajaran kitab-kitab klasik dan kiai sebagai elemen dalam suatu pesantren. Lembaga pengajian yang memiliki kelima elemen tersebut akan tergolong sebagai pesantren. Jika dilihat dari proses munculnya atau lahirnya sebuah pesantren, maka kelima elemen itu urutan-urutannya adalah:

kiai, mesjid, santri, pondok dan pengajaran kitab Islam klasik. Sebagai cikal bakal berdirinya pesantren, biasanya tinggal di sebuah pemukiman baru yang cukup luas. Karena terpanggil untuk berdakwah, maka dia mendirikan masjid yang terkadang bermula dari musallah atau langgar sederhana.

Dalam mekanisme kerja pesantren sebagai lembaga pendidkan Islam sistem yang ditampilkan mempunyai keunikan dibanding dengan sistem pendidikan pada umumnya antara lain :

  • Memakai sistem tradisional yang mempunyai kebebasan penuh dibanding dengan sekolah modern sehingga terjadi hubungan dua arah antara santri dengan kiai.
  • Kehidupan di pesantren menampilkan semangat demokrasi karena mereka praktis bekerja sama mengatasi problem non kurikuler mereka.
  • Sistem pondok pesantren mengutamakan kesederhanaan, idealisme, persaudaraan, persamaan, rasa percaya diri dan keberanian.

Sementara ciri khas pesantren dan sekaligus menunjukkan unsur-unsur pokoknya yang membedakan dengan pendidikan lain yaitu, adanya pondok tempat kiai bersama santrinya, adanya masjid tempat kegiatan belajar mengajar, adanya santri dan kiai merupakan tokoh sentral dalam pesantren yang memberi pengajaran dan kitab-kitab Islam klasik.

Yang menjadi pijakan pondok pesantren dalam pelaksanaan pendidikan berpedoman kepada tridarma pondok pesantran yaitu :

  • Keimanan dan ketakwaan terhadap Allah
  • Pengembangan keilmuan yang bermanfaat
  • Pengabdian terhadap agama, masyarakat dan negara.

Lewat dasar pijakan itulah dewasa itu pondok pesantren mengambil dua bentuk yaitu pondok pesantren tradisional dan modern.

Pondok pesantren modern yang senantiasa menyesuaikan dengan kondisi zaman merespon kebutuhan masyarakat seperti sebahagian pondok pesantren dalam penyelenggaraan pendidikan di samping memberikan pendidikan agama kepada para santrinya juga memberikan pendidikan keterampilan mulai dari komputer, fotografi, pertanian, pertukangan, elektronika hingga administrasi dan manajemen.

Baca juga: Mengapa kiai memiliki peran yang sangat mutlak pada sebuah pondok pesantren

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang Sebutkan ciri khas yang dimiliki pondok pesantren. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.