Wilayah indonesia paling barat adalah pulau

Apakah Anda sedang mencari wilayah indonesia paling barat adalah pulau, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Wilayah indonesia paling barat adalah pulau

Soal: wilayah indonesia paling barat adalah pulau

Jawaban: Pulau Benggala 

Penjelasan:

Pulau Benggala mempunyai letak pada koordinat 5° 47″ Lintang Utara serta 94° 58″ Bujur Timur. Itu berarti pulau ini terletak jauh lebih barat dari pulau Weh yang terletak pada koordinat 5° 55″ Lintang Utara dan 95° 0″ Bujur Timur.

Pulau Benggala, secara administratif berada dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Letak pulau Benggala sendiri adalah persis di selat Benggala, sebuah selat yang menghubungkan pulau ini dengan laut Andaman serta Samudera Hindia.

Pulau ini tidak mempunyai kota dan tidak pula mempunyai penduduk yang menetap. Itu dikarenakan luas pulau Benggala sendiri yang hanya berada di kisaran 4 hektar dan hanya 14 meter diatas permukaan laut.

Pulau Benggala sendiri dijuluki Batu TigaBelas oleh penduduk sekitar. Itu dikarenakan pulau Benggala tersusun atas beberapa gundukan batu vulkanik yang pada akhirnya membentuk satu gugusan pulau. Namun, bukan berarti pulau ini tidak bisa dihuni.

Banyak terdapat spot terumbu karang yang bagus dan mempunyai kualitas air yang sangat jernih yang membuat para penyelam dunia seringkali mengunjungi pulau ini. Untuk menuju ke pulau Benggala, kamu perlu menaiki boat dari kota Banda Aceh.

Lama perjalanan menuju pulau ini dari Banda Aceh itupun berkisar selama kurang lebih 7 jam. Jika kamu pergi dari pulau Weh, maka menyeberangi laut untuk mencapai pulau Benggala hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam saja.

Baca juga : Berapakah luas wilayah indonesia

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang wilayah indonesia paling barat adalah pulau. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel geografi berikutnya.

Don`t copy text!