Uraian atau informasi tambahan pada suatu teks disebut

Uraian atau informasi tambahan pada suatu teks disebut GAGASAN PENJELAS.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Pada teks laporan hasil observasi, gagasan penjelas berupa kalimat-kalimat yang mendeskripsikan objek yang terdapat pada gagasan pokok.

uraian atau informasi tambahan pada suatu teks disebut

Contoh pada teks “Wayang”

Wayang wong (bahasa Jawa yang berarti ‘orang’) adalah salah satu pertunjukan wayang yang diperankan langsung oleh orang. Wayang orang yang dikenal di suku Banjar adalah wayang gung, sedangkan yang dikenal di suku Jawa adalah wayang topeng. Wayang topeng dimainkan oleh orang yang menggunakan topeng. Wayang tersebut dimainkan dengan iringan gamelan dan tari-tarian. Perkembangan wayang orang pun saat ini beragam, tidak hanya digunakan dalam acara ritual, tetapi juga digunakan dalam acara yang bersifat menghibur.

Kalimat “Wayang wong (bahasa Jawa yang berarti ‘orang’) adalah salah satu pertunjukan wayang yang diperankan langsung oleh orang.” merupakan kalimat utama dengan gagasan pokoknya adalah Wayang wong”.
Kalimat berikutnya merupakan uraian atau informasi tambahan mengenai Wayang Wong yang diuraikan dalam gagasan penjelas.

Baca juga Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk

Jangan cabut dulu, silahkan buka menu pada situs ini untuk mendapatkan informasi Software VPN terbaik dan berkualitas. Semoga informasi VPN nya dapat bermanfaat.