Tujuan utama Pengajaran Kitab Kuning adalah

Apakah Anda sedang mencari Tujuan utama Pengajaran Kitab Kuning adalah, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

tujuan utama pengajaran kitab kuning adalah

soal: tujuan utama mempelajari kitab kuning

jawaban: tujuannya adalah untuk mendidik calon-calon ulama.

pembahasan:

Pesantren termasuk lembaga pendidikan keagamaan tertua di Indonesia. Sejarah pesantren oleh berbagai pakar tidak bisa dipisahkan dengan kajian kitab kuning. Dalam berbagai definisi tentang pesantren, kajian kitab kuning menjadi salah satu unsur di samping kiai, santri, masjid, dan asrama.

Seiring dengan perjalanan waktu, sistem pembelajaran atau kurikulum di pesantren tidak hanya mengacu pada kajian kitab kuning. Banyak pesantren sudah mengakomodasi kurikulum dari Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama.

Akibatnya, kajian kitab kuning menjadi tereduksi.    Di samping itu, pesantren di Nusantara juga  mengalami transformasi dalam berbagai bentuk. Sehingga, kajiannya bukan saja terkait pada kajian-kajian keagamaan, namun lebih luas pada kajian nonagama.

Kemudian ditemukan di beberapa tempat pesantren berbasis seperti teknik mesin, agrobisnis, kebaharian, dan lain sebagainya. Pada akhirnya kajian kitab kuning bukan satu-satunya kajian yang paling urgen di pesantren.

Bahkan banyak pesantren yang sudah tidak mengajarkan kitab kuning lagi. Dengan kata lain pesantren tersebut tidak jauh beda dengan madrasah atau sekolah lainnya pada umumnya kecuali hanya santrinya yang diasramakan sebagai pembeda. Sehingga, muncul istilah bagi pesantren yaitu ‘madrasah berasrama’.  

Baca juga : Nama-nama kitab akhlak

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang tujuan utama mempelajari kitab kuning. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.