Tujuan mempelajari Tarikh Tasyri

Apakah Anda sedang mencari tujuan mempelajari tarikh tasyri, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

tujuan mempelajari tarikh tayri

Soal: Apa tujuan mempelajari tarikh tasyri

Jawaban:

Dengan mempelajari tarikh tasyri kita melakukan langkah awal dalam mengkonstruksi pemikiran ulama klasik dan langkah-langkah ijtihadnya untuk ditransformasikan sehingga kemashlahatan manusia senantiasa terpelihara. Diharapkan, dengan mempelajari tarikh tasyri’ akan melahirkan sikap toleran dan dapat mewariskan pemikiran ulama klasik dan langkah-langkah ijtihadnya serta dapat mengembangkan gagasannya

Tujuan tariki tasyri adalah untuk mengetahui latar belakang munculnya suatu hukum atau sebab-sebab ditetapkannya suatu hukum Syari’ah. Dalam hal ini penetapan hukum atas suatu masalah yang terjadi pada periode Rasulullah adalah tidak sama atau memungkinkan adanya perbedaan dengan periode-periode setelahnya.

Fungsi dan signifikasi Tarikh Tasyri adalah bahwa dalam memahami hukum islam harus mengetahui latar belakang munculnya suatu hukum islam harus mengetahui latar belakang munculnya suatu hukum baik yang didasarkan pada Al-Qur’an dan hadist.

Tanpa memahami ini akan melahirkan pemahaman hukum yang cenderung “ekstrem” bahkan terkadang merasa benar sendiri. Hukum islam baik dalam arti fiqih, fatwa, atau ketetapan adalah produk pemikiran ulama secara individu maupun kelompok.

Diantara tujuan mempelajari ‘Tarikh Tasyri’ adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui latar belakang munculnya suatu hukum atau sebab-sebab ditetapkannya suatu hukum syari’at, dalam hal ini penetapan hukum atas suatu masalah yang terjadi pada periode Rasulullah saw. adalah tidak sama atau memungkinkan adanya perbedaan dengan periode-periode setelahnya.
  2. Untuk mengetahui sejarah perkembangan hukum dari periode Rasulullah saw sampai sekarang. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan terhadap hukum Islam.
  3. Agar membangkitkan dan menghidupkan kembali semangat umat islam dalam mempelajari ‘tarikh tasyri’.
  4. Agar kita mampu memahami perkembangan syari’at Islam.
  5. Agar kita tidak salah dalam memahami hukum Islam tersebut.

Adapun tujuan untuk mempelajari ‘tarikh tasyri’ adalah untuk mengetahui perkembangan hukum-hukum islam, prinsip-prinsip hukum islam, permasalahan yang dihadapi setiap zaman, dan hikmah-hikmah yang diperoleh dari pemberlakukan sebuah hukum islam.

Bahwa ruang lingkup fiqh islam meliputi segala aspek kehidupan manusia, kajian fiqh islam juga meliputi hukum-hukum dalam Aqidah, ekonomi, politik, keamanan negara, muamalah, Dll, dalam perkembangannya hukum-hukum tersebut sangatlah dinamis selalu berkembang dari zaman ke zaman sehingga mempelajari ‘tarikh tasyri’ (sejarah hukum islam) sangatlah penting.

Selain itu adalah untuk mengetahui sejarah perbedaan pandangan ulama mengenai sebuah hukum terhadap suatu masalah.

Baca juga : Pengertian Tarikh Tasyri dan ruang lingkupnya

Demikian yang dapat teknik area bagikan, tentang tujuan mempelajari tarikh tasyri. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel agama berikutnya.