Sebutkan unsur utama dalam senam irama

Apakah Anda sedang mencari sebutkan unsur utama dalam senam irama , jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

sebutkan unsur utama dalam senam irama

Soal: sebutkan unsur utama dalam senam irama

Jawaban:

  1. Kelentukan
  2. Keseimbangan
  3. Keluwesan
  4. Fleksibilitas
  5. Kontinuitas
  6. Ketepatan dengan irama

Pembahasan:

Unsur-unsur dalam senam irama atau gerak berirama tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Kelenturan tubuh Unsur kelenturan tubuh dalam senam irama berarti kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh dengan leluasa tanpa merasa sakit.

Kelenturan tubuh dalam senam irama mengacu pada bagian sendi dan otot yang dapat bergerak dengan bebas ketika melakukan gerakan senam seperti meliuk, membungkuk, ataupun merentangkan badan.

2. Keseimbangan tubuh Kemampuan seseorang dalam mengontrol atau mengendalikan keseimbangan tubuh ketika melakukan senam irama terbilang penting. Keseimbangan tubuh ketika melakukan senam irama atau gerak berirama bisa dilatih dengan melakukan gerakan ayunan tangan dan melangkahkan kaki sembari mengikuti irama musik.

3. Kontinuitas Unsur senam irama yang merupakan suatu rangkaian gerak yang tidak terputus-putus adalah kontinuitas. Jika satu bagian gerakan sudah selesai, maka berlanjut menuju bentuk gerakan lain sesuai irama lagu yang mengiringi senam. Rangkaian gerak dalam senam irama sebaiknya sudah dirancang terlebih dahulu sebelum kegiatan senam dilakukan atau dipraktikkan.

4. Keluwesan tubuh Keluwesan tubuh ketka melakukan senam irama terlihat setelah tubuh terbiasa dengan berbagai gerakan senam. Adapun ciri adanya keluwesan tubuh dalam senam irama terlihat ketika bagian tubuh tidak terlalu kaku saat melakukan gerakan senam irama.

5. Irama Senam irama tentunya bergantung pada keberadaan irama beriringan dengan rangkaian gerak senam sesuai urutan. Irama bisa berarti gerakan yang dilakukan secara berbarengan atau tempo gerakan senam tersebut, yang biasanya menggunakan tempo 2/3, 3/4, atau juga 4/4.

6. Fleksibilitas Kondisi seseorang yang tidak merasa takut mengalami cedera ketika melakukan rangkaian gerakan senam irama berasal dari fleksibiltas tubuh. Fleksibilitas dalam senam irama bisa terlihat dari kelincahan ketika melakukan gerakan senam irama, yang terlatih karena melakukan gerakan senam secara rutin.

Baca juga: Sebutkan langkah-langkah melakukan gerakan jingkat

Demikian yang dapat teknik area bagikan, tentang sebutkan unsur utama dalam senam irama . Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel penjaskes berikutnya.

Don`t copy text!