Sebutkan tiga simbol pada peta dan jelaskan artinya

Apakah Anda sedang mencari sebutkan tiga simbol pada peta dan jelaskan artinya, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Sebutkan tiga simbol pada peta dan jelaskan artinya

Soal: sebutkan tiga simbol pada peta dan jelaskan artinya

Jawaban:
1. Simbol titik, merupakan simbol yang digambarka dalam bentuk titik, seperti gunung, pelabuhan, bandara, ibu kota, dan lain sebagainya.

2. Simbol garis, merupakan simbol yang digambarka dalam bentuk garis, seperti jalan, sungai, rel, batas wilayah, dan lain sebagainya.

3. Simbol bidang atau area, merupakan simbol yang digambarka dalam bentuk bidang, seperti sawah, danau, hutan, dan lain sebagainya.

Penjelasan:

Simbol peta merupakan tanda yang mewakili kenampakan sebenarnya di lapangan. Untuk mengartikan simbol yang tergambar di peta, maka dibutuhkan legenda (keterangan dari simbol peta). Berdasarkan bentuknya, simbol peta diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu simbol titik, simbol garis, dan simbol bidang atau area. 

Peta merupakan gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu. Ilmu yang mempelajari peta disebut kartografi. Seorang ahli pemetaan disebut kartograf. Dalam sebuah peta terdapat beberapa komponen berikut ini:

  1. Judul peta, merupakan komponen peta yang mengindikasikan isi peta.
  2. Orientasi, merupakan arah mata angin.
  3. Skala peta, merupakan perbandingan jarak di peta dengan jarak sebenarnya di lapangan.
  4. Simbol peta, merupakan tanda yang mewakili kenampakan sebenarnya di lapangan.
  5. Legenda, merupakan keterangan dari simbol peta.
  6. Garis astronomis, merupakan komponen peta yang berupa garis lintang dan garis bujur.
  7. Inset, merupakan peta kecil yang berfungsi untuk menunjukkan posisi relatif daerah yang dipetakan terhadap daerah di sekitarnya.
  8. Lettering, merupakan teknik penulisan huruf pada peta.
  9. Sumber dan tahun pembuatan peta.

Baca juga : Pulau jawa dan kalimatan dipisahkan oleh laut

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang sebutkan tiga simbol pada peta dan jelaskan artinya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel geografi berikutnya.

Don`t copy text!