Sebutkan struktur teks eksposisi

Apakah Anda sedang mencari sebutkan struktur teks eksposisi, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Sebutkan struktur teks eksposisi

Soal: sebutkan struktur teks eksposisi

Jawaban:
1. Tesis
2. Rangkaian Argumen
3. Penegasan Ulang

Penjelasan:

Teks Eksposisi adalah teks yang berisikan informasi dan ilmu pengetahuan berupa gagasan pendapat diisertai dengan fakta yang dimuat secara singkat dan padat.

Teks Eksposisi bertujuan untuk memberi informasi dan pengetahuan kepada para pembaca. Teks eksposisi tersusun atas 3 strktur yaitu:

  1. Tesis (Pembukaan)

Tesis merupakan bagian yang berisi pengenalan topik atau isu yang akan dibahas.

2. Rangkaian Argumen (Isi)

Rangkaian argumen berisi jabaran pendapat dari penulis mengenai topik atau isu yang dibahas. Pada bagian ini, penulis dapat menambahkan fakta ke dalam argumennya. Hal ini dikarenakan fakta dapat memperkuat argumen serta menyakinkan pembaca atas argumen yang dipaparkan.

3. Penegasan Ulang (Penutup)

Penegasan ulang berisi pengulangan pernyataan yang telah dipaparkan untuk meyakinkan pembaca dan dirangkum dalam simpulan. Penegasan ulang berfungsi untuk menyakinkan bahwa apa yang telah ditesiskan dan diuraikan dengan sejumlah argumen dari penulis adalah benar adanya.

Baca juga : Berdasarkan letak gagasan, umumnya paragraf terbagi kedalam beberapa jenis sebutkan

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang sebutkan struktur teks eksposisi. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bahasa berikutnya.

Don`t copy text!