Sebutkan kandungan dan manfaat sayuran kangkung

Apakah Anda sedang mencari sebutkan kandungan dan manfaat sayuran kangkung, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Sebutkan kandungan dan manfaat sayuran kangkung

Soal: sebutkan kandungan dan manfaat sayuran kangkung

Jawaban:
Di dalam setiap 100 gram sayuran kangkung mengandung:
Energi = 29 kkal
Protein = 3 gr
Lemak = 0,3 gr
Karbohidrat = 5,4 gr
Kalsium = 73 mg
Fosfor = 50 mg
Zat Besi = 3 mg
Vitamin A= 6300 IU
Vitamin B1 = 0,07 mg
Vitamin C = 32 mg.
Manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh

1. Mencegah anemia
2. Anti radang
3. Mencegah kanker
4. Mencegah diabetes melitus
5. Menjaga kesehatan mata
6. Mencegah sariawan
7. Melawan kerusakan hati
Penjelasan:

Kangkung merupakan salah satu sayuran berdaun hijau yang populer di Indonesia dan di berbagai negara Asia. Tanaman ini biasanya ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Beberapa kandungan gizi pada kangkung memang terbilang banyak dan bervariasi, dan diantara kandungan tersebut semuanya mempunyai khasiat baik bagi tubuh.

Berkat kandungan yang dimiliki, kangkung dapat berfungsi sebagai antiracun, antiradang, penenang dan diuretik jika dikonsumsi dengan porsi yang benar. Di dalam setiap 100 gram sayuran kangkung mengandung:

  • Energi = 29 kkal
  • Protein = 3 gr
  • Lemak = 0,3 gr
  • Karbohidrat = 5,4 gr
  • Kalsium = 73 mg
  • Fosfor = 50 mg
  • Zat Besi = 3 mg
  • Vitamin A= 6300 IU
  • Vitamin B1 = 0,07 mg
  • Vitamin C = 32 mg.
  • Serat = 1.0 g
Manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh
1. Mencegah anemia

Dalam 100 gram kangkung segar mengandung sekitar 2,5 mg zat besi. Zat besi berkhasiat untuk menambah hemoglobin, sehingga mengkonsumsi kangkung dapat mencegah gejala kekurangan darah atau anemia.

2. Anti radang

Sebuah penelitian menyatakan bahwa kangkung berpotensi sebagai anti radang untuk melawan peradangan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis. Bakteri-bakteri tersebut merupakan bakteri yang dapat menyebabkan MRSA serta keracunan makanan.

3. Mencegah kanker

Kangkung juga memiliki potensi untuk mencegah kanker. Sayur ini juga dikatakan dapat mencegah kanker perut serta kanker kulit serta kanker payudara.

4. Mencegah diabetes melitus

Ekstrak kangkung ternyata bisa menyerap kelebihan gula dalam darah. Dengan demikian mengkonsumsi sayur kangkung dapat mencegah penyakit diabetes melitus apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

5. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam kangkung berfungsi untuk meningkatkan kesehatan mata. 

6. Mencegah sariawan

Kandungan vitamin C pada kangkung dapat mencegah sariawan dan gusi berdarah.

7. Melawan kerusakan hati

Diduga kangkung dapat melindungi kerusakan, luka, dan peradangan organ hati. Menurut hasil penelitian, hal tersebut dikarenakan kangkung dapat memicu produksi enzim yang berfungsi untuk membersihkan hati dari racun dan zat sisa yang dapat menyebabkan kerusakan.

Baca juga : Berdasarkan pigmen yang dikandung sayuran dapat dibedakan menjadi 4 macam sebutkan beserta contohnya masing-masing 2 macam

Demikian yang dapat teknikarea bagikan, tentang sebutkan kandungan dan manfaat sayuran kangkung. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikare.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel biologi berikutnya.

Don`t copy text!