Sebut dan jelaskan langkah-langkah menulis teks eksplanasi

Apakah Anda sedang mencari sebut dan jelaskan langkah-langkah menulis teks eksplanasi, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

sebut dan jelaskan langkah-langkah menulis teks eksplanasi

Soal: sebut dan jelaskan langkah-langkah menulis teks eksplanasi

Jawaban:

Langkah dalam menulis teks eksplanasi adalah:

  1. Melakukan penentuan terhadap kejadian maupun fenomena yang akan dijelaskan.
  2. Mencari berbagai macam bentuk informasi terhadap kejadian maupun fenomena yang akan dijelaskan.
  3. Mulai melakukan penulisan dengan cara membuat kerangka.
  4. Melakukan pengembangan terhadap teks.
  5. Melakukan perevisian maupun pengeditan terhadap tulisan.

Pembahasan:

Teks eksplanasi adalah sebuah bentuk dari teks yang akan melakukan penjelasan tehradpap sebab akibat dari adanya sebuah fenomena, baik dalam hal itu adalah peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya dan juga lain sebagainya. Sebuah teks eksplenasi adalah berupa fakta yang akan dapat menjawab dari berbagai macam pertanyaan terhadap bagaimana dan mengapa dari sebuah  fenomena yang akan terjadi.

Tujuan utama dari adanya teks eksplanasi sendiri adalah untuk melakukan pemaparan dari sebuah proses dan sebab untuk terjadinya sebuah bentuk dari fenomena. Penjelasan itu sendiri akan dimasukkan ke dalam teks eksplanasi pada bidang keilmuan yang akan melakukan pengacuan kepada sebuah  fakta, realita, teori dan juga hasil dari berbagai penelitian yang akan dilakukan oleh seorang ilmuan.

Baca juga: Sebut dan jelaskan kaidah-kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi

Demikian yang dapat teknik area bagikan, tentang sebut dan jelaskan langkah-langkah menulis teks eksplanasi. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel B. indonesia berikutnya.