Sebut dan jelaskan bagian-bagian sel saraf yang ditunjukkan gambar berikut

Posted on

Apakah Anda sedang mencari Sebut dan jelaskan bagian-bagian sel saraf yang ditunjukkan gambar berikut, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

❤Soal:

Sebut dan jelaskan bagian-bagian sel saraf yang ditunjukkan gambar berikut

image 23

❤Jawaban:

Bagian-bagian sel saraf yang ditunjukkan pada gambar:

a. Dendrit adalah cabang-cabang yang keluar dari badan sel. Dendrit berfungsi untuk menerima rangsangan dari sel saraf lainnya.

b. Badan sel adalah bagian terbesar dari sel saraf. Di dalam badan sel terdapat inti sel, sitoplasma, dan organel-organel sel lainnya. Inti sel mengandung materi genetik sel, yaitu DNA. Sitoplasma adalah cairan yang mengisi badan sel dan mengandung organel-organel sel, seperti mitokondria, ribosom, dan aparatus Golgi.

c. Akson adalah serabut panjang yang keluar dari badan sel. Akson berfungsi untuk menghantarkan impuls saraf ke sel saraf lainnya.Akson

d. Selaput mielin adalah lapisan lemak yang melapisi akson. Selaput mielin berfungsi untuk melindungi akson dan mempercepat hantaran impuls saraf.

e. Nodus Ranvier adalah bagian akson yang tidak dilapisi oleh selaput mielin. Nodus Ranvier berfungsi sebagai tempat loncatan impuls saraf.

Selain bagian-bagian yang disebutkan di atas, sel saraf juga memiliki beberapa bagian tambahan, yaitu:

  • Sinapsis adalah hubungan antara dua sel saraf. Sinapsis memungkinkan sel saraf untuk saling berkomunikasi.
  • Neurotransmitter adalah zat kimia yang dilepaskan oleh sel saraf untuk menyampaikan impuls saraf ke sel saraf lainnya.

Baca juga: Jelaskan pembagian tugas antara sistem saraf pusat dan sistem saraf perifer

Baca juga  Kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu jenis adalah