Salah satu dasar untuk gerakan tari-tarian ada dalam senam

Apakah Anda sedang mencari salah satu dasar untuk gerakan tari-tarian ada dalam senam, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

salah satu dasar untuk gerakan tari-tarian ada dalam senam

Soal: salah satu dasar untuk gerakan tari-tarian ada dalam senam
a. ketangkasan
b. dasar
c. irama
d. lantai

Jawaban: irama

Penjelasan:

Senam irama adalah senam dengan gerakan yang mengikuti irama lagu. Komposisi gerakan senam ini biasanya mengikuti lantunan irama musik dan menggunakan beberapa alat bantu, seperti bola, tali, pita, dan gada. Bahkan senam ini juga bisa dilakukan tanpa menggunakan alat.

Keunikan dari senam ini ialah gerakan-gerakannya dapat melatih kelenturan, ketangkasan, kelincahan, serta daya tahan untuk seluruh anggota tubuh. Salah satu senam irama yang banyak dikenal adalah senam dengan menggunakan pita seperti yang sering dilakukan pada pertandingan Olimpiade.

Jenis-jenis gerakan senam irama adalah sebagai berikut:

  • Senam irama tanpa alat yang menekankan gaya, teknik, dan eksekusi kemampuan menari.
  • Senam irama menggunakan tali dengan gerakan yang variatif seperti melompat, melempar, berayun, memutar dan membentuk angka 8.
  • Senam irama menggunakan simpai yang merupakan lingkaran besar terbuat dari plastik atau rotan.
  • Senam irama menggunakan bola karet berdiameter 18-20 cm.
  • Senam irama dengan tongkat dengan menghentak-hentakkan tongkat, melempar, dan menangkap.
  • Senam irama menggunakan pita sepanjang 6 meter dan dilakukan gerakan seperti berayun, spiral, dan lingkaran.

Berikut beberapa manfaat senam irama yang perlu kamu tahu.

Membakar Lemak

Manfaat senam irama adalah dapat membantu membakar lemak dan kalori yang berlebihan di tubuh. Hal ini tentunya bisa kamu dapatkan jika sudah melakukannya secara rutin. Keseimbangan fisik, keluwesan hingga kelincahan dibutuhkan pada setiap gerakan yang dilakukan dalam senam irama supaya sesuai iringan musik.

Hal ini karena fisik akan bergerak secara sambung menyambung sesuai alunan musik yang nantinya bisa membakar lemak serta kalori berlebih dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat senam irama juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Lantaran di saat tubuh sedang melakukan gerakan senam maka, hal tersebut akan melatih kekuatan tulang. Jika sering melakukan senam irama, maka manfaat yang didapatkan adalah tulang menjadi lebih kuat dan sehat.

Kekuatan tulang tentu saja dapat menunjang aktivitas sehari-hari.

Melatih Keseimbangan Tubuh

Beberapa gerakan senam irama memang perlu dilakukan dengan keseimbangan tubuh yang baik. Berlatih keseimbangan ini penting untuk memperbaiki postur tubuh sehingga meminimalisir risiko pembengkokan tulang belakang.

Membuat Tubuh Tidak Rentan Mengalami Cedera

Manfaat senam irama selanjutnya berkaitan dengan kelenturan yang diciptakannya ketika kamu melakukan gerakan senam. Semakin sering melakukan senam irama, maka semakin lentur tubuhmu dan terbukti jarang mengalami cedera meskipun melakukan aktivitas berat.

Meningkatkan Kekuatan Otot

Manfaat senam irama akan membantu menguatkan jaringan otot tubuh. Secara otomatis dengan sering melakukan senam irama akan membuat otot-otot menjadi lebih kuat dan lentur. Otot-otot di dalam tubuh menjadi lentur dan kuat, sehingga membuat jangkauan gerakan tubuh meningkat.

Selain itu hal ini juga akan mencegah tubuh mengalami kaku serta cedera di saat melakukan berbagai aktivitas fisik yang berat.

Baca juga : Senam irama merupakan bagian dari olahraga

Demikian yang dapat teknikareabagikan, tentang salah satu dasar untuk gerakan tari-tarian ada dalam senam. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel penjaskes berikutnya.