Apa yang dimaksud dengan Plastik Polypropylene (PP)

Apa sih plastik Polypropylene itu? Jangan bingung dulu, simak penjelasan lengkap tentang pengertian Plastik Polypropylene adalah di bawah ini.

Plastik Polypropylene

Polypropylene atau plastik PP adalah bentukan kristalin yang bersifat termoplastik dan keras. Terdapat beberapa jenis PP plastik dengan sifat yang sedikit berbeda. Karakteristiknya membuat polypropylene banyak digunakan di beragam fungsi dari mulai kebutuhan otomotif, medis, hingga kemasan.

Pengertian Polypropylene (PP)

Polypropylene adalah jenis plastik kedua di dunia yang paling banyak diproduksi setelah polyethylene. Jenis plastik ini terbentuk dari proses polimerisasi yang ditemukan oleh dua ilmuwan bernama Paul Hogan dan Robert Banks. Hanya perlu sekitar enam tahun sampai akhirnya polypropylene dikenal dan diproduksi untuk seluruh dunia.

Mengenal Karakteristik Polypropylene (PP)

Sama dengan polyethylene, polypropylene adalah termoplastik sehingga akan meleleh ketika dipanaskan, dan kembali mengeras ketika suhunya kembali. Hal ini membuat polypropylene mudah didaur ulang. Selain itu, karena tahan terhadap bahan kimia, plastik ini sering digunakan sebagai wadah kemasan pembersih dan perlengkapan medis.

Beberapa karakteristik lainnya dari polypropylene atau plastik PP adalah elastisitas dan kekuatannya yang tinggi, kemampuannya mempertahankan bentuk, serta memiliki ketahanan terhadap aliran listrik.

Proses Pembuatan Polypropylene (PP)

Salah satu proses penting dalam pembentukan polypropylene atau plastik PP adalah katalis polimerisasi. Bahan bakar hidrokarbon didistilasi dan dipecah menjadi fraksi sebelum melalui proses polimerisasi dan polikondensasi.

Untuk membuat produk yang lebih spesifik, PP polymer dalam bentuk cair biasanya dibentuk sesuai cetakan yang diinginkan. Ketika suhu mulai menurun, bentuknya akan mengeras mengikuti cetakan dan siap digunakan.

Tipe-Tipe Polypropylene (PP)

Terdapat dua jenis polypropylene atau plastik PP yang ada di pasaran yaitu homopolymer dan copolymer. Dengan karakter yang sedikit berbeda, keduanya digunakan sesuai dengan kebutuhan area masing-masing.

1. PP Homopolymer

PP homopolymer merupakan jenis polypropylene yang paling sering digunakan di dunia. PP polymer ini terbentuk dari semi-kristalin berwujud solid yang hanya terdiri dari polypropylene monomer. Penggunaannya bisa ditemukan di kemasan, tekstil, medis, otomotif, dan instalasi listrik.

Dengan kandungan ethane yang sedikit, PP homopolymer bisa dibuat sedikit transparan, cocok bagi Anda yang memperhatikan tampilan saat menggunakan plastik jenis ini untuk kebutuhan industri.

2. PP Copolymer

PP copolymer adalah hasil polimerisasi antara propene dan ethane. Berdasarkan kandungan ethane, terdapat dua jenis copolymer yaitu copolymer acak dan copolymer blok. Nama “acak” dan “blok” mengacu pada struktur kimianya. Copolymer acak memiliki sekitar 6% kandungan ethane, sementara kandungan ethane pada copolymer blok adalah 5 – 15%.

Warna PP copolymer lebih gelap dibandingkan dengan homopolymer. Karena sifatnya yang lebih kuat dan tebal, PP copolymer sangat cocok digunakan untuk struktur di bidang industri atau manufaktur.

3. PP Homopolymer vs PP Copolymer

PP homopolymer bersifat kuat dengan ketahanan kimia yang cemerlang. Sifatnya yang mudah dibentuk membuat PP homopolymer banyak digunakan pada struktur yang membutuhkan peralatan yang tahan terhadap korosi.

Sementara itu, PP copolymer lebih kuat dengan ketahanan yang lebih baik dibandingkan PP homopolymer. Plastik jenis ini tahan terhadap suhu rendah dan tidak mudah retak.

Mengapa Polypropylene Sering Digunakan?

Apa pun jenisnya, polypropylene atau plastik PP menjadi salah satu plastik yang paling sering digunakan karena karakteristiknya. Plastik PP memiliki permukaan yang licin, bisa menahan bahan kimia, memiliki fleksibilitas dan daya tahan yang tinggi, serta bisa meredam listrik. Selain itu, harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan bahan baku lain.

Baca juga Salah Satu Contoh Jenis Plastik Teknik adalah

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang polypropylene atau plastik PP. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel plastik berikutnya.

Sumber: https://tokoplas.com/news/apa-itu-plastik-pp-polypropylene/

Leave a Comment