Penyakit kemunduran otak akibat kerusakan. bagian otak yang mengendalikan gerakan otot disebut

Posted on

Apakah Anda sedang mencari Penyakit kemunduran otak akibat kerusakan. bagian otak yang mengendalikan gerakan otot disebut, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

❤Soal:

Penyakit kemunduran otak akibat kerusakan. bagian otak yang mengendalikan gerakan otot disebut

❤Jawaban:

Bagian otak yang mengendalikan gerakan otot adalah otak kecil (cerebellum). Otak kecil terletak di bagian belakang dan di bawah otak besar. Otak kecil memiliki dua bagian, yaitu hemisfer kiri dan hemisfer kanan. Setiap hemisfer otak kecil mengendalikan gerakan sisi tubuh yang berlawanan.

Otak kecil berperan dalam mengendalikan gerakan, menjaga keseimbangan, serta mengatur posisi dan koordinasi gerakan tubuh. Otak kecil juga berperan dalam mengendalikan gerakan halus, seperti menulis dan melukis.

Penyakit kemunduran otak akibat kerusakan otak kecil disebut ataksi. Ataksi adalah gangguan gerakan yang ditandai dengan gerakan yang tidak terkoordinasi dan tidak stabil. Ataksi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk cedera kepala, stroke, penyakit Parkinson, dan penyakit Huntington.

Berikut adalah beberapa gejala ataksi:

  • Kesulitan berjalan
  • Berjalan dengan langkah kaki yang tidak teratur
  • Kesulitan menjaga keseimbangan
  • Kesulitan menulis
  • Kesulitan makan
  • Kesulitan berbicara

Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan ataksi. Namun, terapi fisik dan terapi okupasi dapat membantu pasien ataksi untuk meningkatkan fungsi motorik dan meningkatkan kualitas hidup.

Baca juga: Perhatikan gambar berikut! Siku dan lutut termasuk dalam persendian