Pengertian Telegraf [LENGKAP]

Apakah Anda sedang mencari pengertian telegraf, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan apa yang dimaksud telegraf.

pengertian telegraf

Telegraf adalah sistem komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dengan menggunakan isyarat listrik dalam bentuk kode morse.

Menurut Wikipedia, Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh, biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi. Kata “telegraf” yang sering didengar saat ini, secara umum merupakan telegraf elektrik. Telegraf diciptakan oleh seorang warga Amerika Serikat bernama Samuel F.B. Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain.

Kode morse adalah kode yang menggunakan kombinasi suara panjang (dinyatakan dengan simbol garis) dan suara pendek (dinyatakan dengan titik) untuk menyatakan sebuah huruf, sebuah angka, ataupun tanda-tanda yang lain.

Pada sistem telegraf, suatu pesan akan diterjemahkan menjadi sederetan kode morse. Kode tersebut selanjutnya dikirim melalui kawat peghubung sebagai media perantara dan diterima oleh bagian penerima. Pada bagian penerima, kode-kode tersebut diterjemahkan kembali menjadi pesan seperti aslinya.

Dalam terminologi telegraf, pesan itu disebut telegram. Meskipun telegram sudah jarang digunakan, kode morse masih dipakai sampai sekarang. Misalnya, dalam dunia pelayaran, kode morse dipakai untuk mengirim tanda bahaya, meminta pertolongan, atau mengirimkan sinyal SOS.

Baca juga: Penemu Telegraf Pertama Kali di Dunia

Demikian yang dapat Teknik Area bagikan, tentang pengertian telegraf. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel telegraf berikutnya.

Leave a Comment